Deretan Fakta Batu Pengganjal Pintu, Ternyata Bernilai Rp 1,5 Miliar

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Jumat, 18 Agustus 2023
0 dilihat
Deretan Fakta Batu Pengganjal Pintu, Ternyata Bernilai Rp 1,5 Miliar
Meteorit seberat 10 Kg yang ditemukan di Michigan dihargai Rp1,1 miliar lebih. Foto: Sindonews.com

" Seorang pria asal Michigan, AS baru menyadari batu besar berwarna cokelat yang ada di kediamannya adalah meteorit langka bernilai 100.000 dollar AS atau sekitar Rp 1,5 miliar "

MICHIGAN, TELISIK.ID - Seorang pria asal Michigan, AS baru menyadari batu besar berwarna cokelat yang ada di kediamannya adalah meteorit langka bernilai 100.000 dollar AS atau sekitar Rp 1,5 miliar.

Ironisnya, batu meteorit seberat sekitar 10 kilogram itu sudah 30 tahun dia gunakan sebagai pengganjal pintu kediamannya. Pria yang tidak mau disebutkan identitasnya itu mendatangi seorang guru besar dan ahli geologi di Universitas Central Michigan seperti dilansir dari Belitungtribunnews.com.

1. Batu diuji keasliannya

Batu meteorit tersebut baru diketahui sebagai benda angkasa setelah diuji keasliannya ke ahli geologi di Central Michigan University (CMU). Pemilik batu, meminta bantuan ke Mona Sirbescu, seorang ahli geologi di CMU untuk menguji apakah batu yang ada di peternakannya itu batu biasa atau bukan.

Baca Juga: 5 Tanaman Hias Penyaring Polusi Udara di Rumah

Selama 18 tahun, jawabannya pasti 'tidak’, bukan meteorit. Namun, ia tercengang dan mendapati fakta bahwa batu milik Mazurek sangat berharga.

"Saya langsung tahu bahwa ini adalah sesuatu yang istimewa. Ini spesimen paling berharga yang pernah saya pegang dalam hidup saya, bernilai ekonomis dan ilmiah," kata Mona Sirbescu dikutip dari Sindonews.com

Obhek yang dijuluki meteorit Edmore ini adalah meteorit besi-nikel dengan kandungan 88 persen besi dan 12 persen nikel.

Melansir Akurat.co, batu itu jatuh di lahan pertanian di Edmore, Michigan, pada 1930-an. Sebagian besar batu meteor biasanya terdiri atas 90-95 persen besi.

“Ini sebongkah sistem tata surya awal yang jatuh ke tangan kita,” kata Dr Sirbescu dalam video yang dibuat oleh universitas untuk mempromosikan temuan tersebut.

Dr Sirbescu mengirim sampel batu itu ke Smithsonian Institution di Washington DC yang mengonfirmasi temuannya. Universitas itu kini menggunakan batu itu sebagai bahan pengajaran. Pemilik meteorit itu berjanji menyumbangkan 10 persen hasil penjualan untuk universitas itu.

2. Awal penemuan

Mazurek membeli peternakan di Edmore, Michigan pada 1988, dia diantar berkeliling properti oleh pemilik sebelumnya. Saat itu dia melihat batu besar yang tampak aneh digunakan untuk menopang pintu di gudang.

Ketika Mazurek bertanya kepada pemilik sebelumnya, dia diberi tahu bahwa palang pintu itu sebenarnya adalah meteorit.

3. Batu meteorit dari pemilik sebelumnya

Pemilik rumah berkisah, pada 1930-an dia dan ayahnya melihat meteorit jatuh pada malam hari ke area rumahnga dengan suara dentuman keras. Keesokan paginya, ditemukan lubang menganga dan di dalamnya ditemukan meteorit tersebut.

Baca Juga: Mengenal 3 Fakta Unik Antelop Saiga Asal Asia Tengah

Uniknya, sang pemilik peternakan tersebut berkata kepada Mazurek bahwa meteorit itu bagian dari properti, sehingga sekarang menjadi miliknya.

Maka, Mazurek menyimpan batu luar angkasa itu selama 30 tahun dan terus menggunakannya sebagai palang pintu hngga suatu saat Mazurek mendengar orang-orang menghasilkan uang dari menjual potongan-potongan kecil meteorit. Walhasil, terbersit ide untuk menguji batu miliknya.

4. Dibeli dengan harga fantastis

Kini setelah batu tersebut diketahui benar meteorit, Mazurek pun berinisiatif menjualnya. Akhirnya, Planetarium Abrams Michigan State University tertarik membelinya, dengan harga fantastis. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga