Tradisi Unik Tahun Baru di Jepang

Adinda Septia Putri, telisik indonesia
Sabtu, 31 Desember 2022
0 dilihat
Tradisi Unik Tahun Baru di Jepang
Bukan sekedar kembang api, perayaan tahun baru di Jepang ternyata punya beberapa tradisi unik yang punya makna sendiri bagi masyarakatnya. Foto: Repro Goikuzo.com

" Momen tahun baru di Indonesia biasanya dirayakan dengan menyalakan kembang api atau mengadakan perjamuan makan besar dengan memanggang daging atau jagung. Namun di beberapa negara, momen pergantian tahun dirayakan dengan tradisi-tradisi unik "

KENDARI, TELISIK.ID - Momen tahun baru di Indonesia biasanya dirayakan dengan menyalakan kembang api atau mengadakan perjamuan makan besar dengan memanggang daging atau jagung. Namun di beberapa negara, momen pergantian tahun dirayakan dengan tradisi-tradisi unik.

Dikutip dari Bola.com, Jepang menjadi salah satu negara yang punya banyak tradisi unik dalam merayakan tahun baru. Yaitu pada detik-detik pergantian tahun, masyarakat akan membunyikan lonceng yang ada di kuil Budha sebanyak 108 kali. Tradisi ini disebut dengan Joya No Kane, orang jepang percaya makna dari tradisi tersebut adalah untuk menghapus kejahatan dan dosa manusia.

Selain itu, diuktip dari okezone.com, masyarakat Jepang juga punya tradisi unik lainnya yang dinamakan Oshogatsu. Tradisi ini berlangsung pada 1-3 Januari, setiap tahunnya. Selama acara ini, anggota keluarga akan berkumpul untuk menghabiskan waktu bersama. Untuk itu, seluruh tugas atau pekerjaan harus sudah diselesaikan pada akhir tahun.

Baca Juga: Inspirasi Nama Bayi Laki-Laki Unik dengan Makna Baik

Baca Juga: Unik: NASA Duluan Rayakan Tahun Baru 2023 di Planet Ini

Menyambut Oshogatsu, masyarakat Jepang akan bersiap menghias rumah mereka dengan ornamen bambu dan pohon pinus. Setiap anggota keluarga juga akan membersihkan rumahnya untuk menambah nuansa baru di tahun baru.

Kudapan yang khas dikonsumsi orang Jepang saat malam tahun baru adalah mi soba atau toshikoshi soba. Makanan ini melambangkan umur yang panjang. Selain makanan, anak-anak Jepang biasa memainkan permainan tradisional yang khas pada malam pergantian tahun, seperti contohnya adalah takoage atau layang-layang dan karuta atau permainan kartu.

Tepat pada tanggal 1 Januari, mereka biasa menyaksikan matahari terbit, saat momen ini masyarakat Jepang percaya bahwa mereka harus dalam kondisi bahagia dan tidak stres.

Setiap orang juga akan mengirimkan kartu ucapan kepada sahabat dan keluarga. Semua tradisi ini sudah mereka lakukan secara turun-temurun setiap tahunnya. (C)

Penulis: Adinda Septia Putri

Editor: Kardin

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga