Deretan Fakta Ikan Pacu Bergigi Manusia

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Minggu, 27 Agustus 2023
0 dilihat
Deretan Fakta Ikan Pacu Bergigi Manusia
Ikan pacu memiliki gigi yang sedikit tumpul seperti gigi manusia. Gigi tersebut ia gunakan untuk manghancurkan kacang-kacangan dan buah-buahan yang menjadi makanan utamanya. Foto: Kolase

" Ikan pacu merupakan salah satu jenis ikan memiliki bentuk tubuh dengan ikan piranha ketika masih kecil. Namun, saat ikan pacu beranjak dewasa, mereka menjadi lebih bulat dan lebih lebar daripada piranha "

KENDARI, TELISIK.ID - Ikan pacu merupakan salah satu jenis ikan memiliki bentuk tubuh dengan ikan piranha ketika masih kecil. Namun, saat ikan pacu beranjak dewasa, mereka menjadi lebih bulat dan lebih lebar daripada piranha.

Cara termudah untuk membedakannya ketika mereka masih muda adalah rahang piranha lebih menonjol daripada rahang pacu. Ikan pacu memiliki warna abu-abu hingga hitam, terkadang dengan bercak di bagian tengahnya, sedangkan sirip mereka berwarna hitam.

Ikan pacu sendiri berasal di sebagian besar lembah sungai Amazon dan Orinoco yang berada di Amerika Selatan. Untuk jenis ikan black pacu memiliki nama ilmiah Colossoma macropomum seperri dikutip dari Lovedfish.com.

Baca Juga: Deretan Fakta Burung Shoebill, Miliki Paruh Berbentuk Sepatu

Berikut ini deretan fakta ikan pacu dikutip dari Idntimes.com:

1. Gigi seperti manusia

Ikan pacu memiliki gigi yang sedikit tumpul seperti gigi manusia. Gigi tersebut ia gunakan untuk manghancurkan kacang-kacangan dan buah-buahan yang menjadi makanan utamanya.

Meski begitu, ikan ini tidak segan untuk memakan selain tumbuh-tumbuhan seperti ikan kecil lainnya yang membuat ikan ini masuk ke dalam kategori omnivora.

2. Spesies hewan invasif

Hewan invasif adalah hewan yang bukan berasal dari sebuah ekosistem tertentu tetapi mengancam kehidupan organisme lain di ekosistem tersebut.

Ikan pacu yang dikenal dapat dengan mudah bertahan hidup dan berkembang biak tersebut merupakan salah satu hewan invasif di luar Amerika Selatan. Bahkan, sebuah kota kecil di Texas, Amerika Serikat, menawarkan $100 kepada orang yang berhasil membasmi ikan tersebut dari danau lokal.

Baca Juga: Deretan Fakta Batu Pengganjal Pintu, Ternyata Bernilai Rp 1,5 Miliar

3. Berumur panjang

Ikan pacu merupakan salah satu ikan yang berumur cukup panjang. Di alam, ikan pacu umumnya bertahan 15 hingga 25 tahun, tergantung dari spesies ikan tersebut, sedangkan ikan pacu peliharaan dapat hidup hingga 30 tahun.

Bahkan, pernah ditemukan seekor ikan pacu hitam tercatat berumur 43 tahun. Ikan pacu yang diberi nama Buttkiss tersebut dipelihara oleh Steve Gruebel, pemilik toko hewan peliharaan di Richmond Hill, New York. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga