Mengenal Scorpion Fly, Gabungan Lalat dan Kalajengking dengan Tubuh Unik

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Minggu, 23 Juli 2023
0 dilihat
Mengenal Scorpion Fly, Gabungan Lalat dan Kalajengking dengan Tubuh Unik
Scorpion fly adalah serangga yang terklasifikasi dalam ordo Mecoptera, ordo yang telah ada di muka bumi ini sejak 250 juta tahun lalu. Foto: Rimbakita.com

" Kita mungkin mengetahui jika kalajengking adalah salah satu hewan beruas dengan delapan kaki (oktopoda) yang termasuk dalam ordo Scorpiones dalam kelas Arachnida "

KENDARI, TELISIK.ID - Kita mungkin mengetahui jika kalajengking adalah salah satu hewan beruas dengan delapan kaki (oktopoda) yang termasuk dalam ordo Scorpiones dalam kelas Arachnida.

Kalajengking masih berkerabat dengan ketonggeng, laba-laba, tungau, dan caplak. Ada sekitar 2000 jenis kalajengking. Mereka banyak ditemukan selatan dari 49° U, kecuali Selandia Baru dan Antartika.

Kita mengetahui jika kalajengking berjalan menggunakan kaki, lalu bagaimana dengan kalajengking terbang? Dari namanya, kita sudah bisa membayangkan bagaimana bentuk serangga ini.

Baca Juga: Mengenal Scotoplanes Globosa, Babi Laut Misterius

Serangga ini bernama scorpion fly yang mana hewan ini memiliki ekor yang bentuknya mirip ekor kalajengking. Namun bedanya ekor lalat kalajengking tidak bisa menyuntikkan bisa atau racun, melainkan alat kelamin yang dimiliki oleh betina. Nama latinnya adalah Panorpa communis seperti dikutip dari Rimbakita.com.

Melansir Wanaswara.com, scorpion fly adalah serangga yang terklasifikasi dalam ordo Mecoptera, ordo yang telah ada di muka bumi ini sejak 250 juta tahun lalu. Diperkirakan ada sekitar 550 spesies serangga yang dikategorikan sebagai lalat kalajengking.

Meski memiliki kemiripan bentuk tubuh dengan kalajengking, nyatanya serangga yang disebut lalat ini tidak memiliki hubungan kekerabatan apapun dengan hewan yang terkenal dengan sengatan ekornya yang berbahaya tersebut. Malahan, serangga ini berkerabat lebih dekat dengan ordo Siphonaptera, yaitu ordo untuk kutu.

Baca Juga: Ini Alasan Ikan Laut Dalam Terlihat Seram

Pada umumnya, scorpion fly memiliki corak tubuh yang berwarna hitam kekuningan serta corak kepala berwarna kemerahan. Sebagian besar spesies serangga ini memiliki bentuk tubuh yang memanjang, sepasang sayap yang panjang dan menyempit, serta sepasang mata besar yang terletak di sisi kepala.

Serangga ini dapat tumbuh hingga sekitar 30 mm dengan rentang sayap yang mencapai 35 mm. Bentuk tubuhnya diyakini merupakan bentuk semula dari kupu-kupu dan ngengat sebelum berevolusi. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga