Deretan Jenis Makanan yang Tak Boleh Dimasak di Peralatan Tembaga

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Rabu, 07 Februari 2024
0 dilihat
Deretan Jenis Makanan yang Tak Boleh Dimasak di Peralatan Tembaga
Deretan makanan tidak boleh dimasak dengan peralatan berbahan tembaga lantaran bisa menyebabkan efek samping untuk kesehatan. Foto: Sindomews.com

" Tembaga adalah salah satu jenis peralatan masak tertua. Peralatan masak tembaga hingga saat ini tetap mahal dan elegan, karena tembaga merupakan logam yang mahal "

KENDARI, TELISIK.ID - Di zaman modern ini, perkembangan teknologi berkembang pesat, segalanya cenderung berubah lebih cepat. Bahkan peralatan masak yang kita gunakan telah berubah drastis dari apa yang biasa digunakan orang bertahun-tahun lalu.

Tapi tahukah kamu, ternyata ada beberapa makanan tidak boleh dimasak dengan peralatan berbahan tembaga, lantaran bisa menyebabkan efek samping untuk kesehatan. Jika dikonsumsi, dapat menyebabkan keracunan makanan dan masalah kesehatan lainnya.

Tembaga adalah salah satu jenis peralatan masak tertua. Peralatan masak tembaga hingga saat ini tetap mahal dan elegan, karena tembaga merupakan logam yang mahal.

Pada dasarnya, peralatan masak memerlukan perawatan ekstra karena beberapa makanan dapat bereaksi dengannya.

Baca Juga: Resep Risol Mayo Viral TikTok

Berikut beberapa makanan yang tidak boleh dimasak dengan peralatan berbahan tembaga, antara lain:

1. Tomat

Dilansir dari Sindonews.com, kebanyakan resep memerlukan tomat sebagai bahan utama untuk menyiapkan berbagai makanan, khususnya saus. Tomat menambah rasa tajam pada makanan dan membuat hidangan lebih enak.

Namun, karena sifatnya yang asam, sebaiknya tidak dimasak dengan peralatan tembaga. Tembaga bereaksi dengan makanan asam terutama pada suhu tinggi.

2. Cuka

Cuka banyak digunakan dalam masakan Cina seperti chowmein, ayam cabai, cabai paneer, dll. Ini adalah cara lain untuk menambahkan rasa asam pada masakan tanpa menggunakan tomat.

Jika Anda berencana memasak salah satu resep yang memerlukan cuka, hindari penggunaan peralatan tembaga karena cuka juga bersifat asam dan akan bereaksi dengan tembaga.

3. Chaach dan Yogurt

Mengutip Food.ndtv.com, produk susu seperti yogurt dan chaach juga dapat bereaksi dengan tembaga. Jika Anda berencana menyimpan dahi atau chaach dalam mangkuk tembaga, Anda perlu mempertimbangkan kembali pilihan ini.

Jika produk susu disimpan terlalu lama dalam produk berbahan dasar tembaga, warnanya bisa menjadi gelap dan rasanya pahit. Reaksinya bisa membuatnya tidak layak untuk dimakan.

Baca Juga: Resep Rumahan Sederhana, Hemat dan Sehat

4. Susu

Banyak yang tidak menyadari bahwa susu juga bereaksi dengan tembaga karena mengandung mineral, dan baik mineral maupun tembaga akan bereaksi jika digabungkan.

Memanaskan susu dalam wadah tembaga berbahaya karena reaksinya juga dapat menyebabkan keracunan makanan. Jadi, sebaiknya gunakan bahan stainless steel untuk memanaskan susu.

5. Air panas

Tembaga bereaksi ketika dipanaskan. Jadi, sebaiknya hindari merebus air dalam tembaga karena dapat berbahaya jika dikonsumsi. Namun, sebaiknya simpan air pada suhu kamar di dalam botol tembaga. Seharusnya tidak terlalu panas atau terlalu dingin. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga