Deretan Motor Honda Gunakan Rangka eSAF Diduga Gampang Keropos, Bisa Ganti Baru?

Ahmad Jaelani, telisik indonesia
Kamis, 05 Oktober 2023
0 dilihat
Deretan Motor Honda Gunakan Rangka eSAF Diduga Gampang Keropos, Bisa Ganti Baru?
Deratan motor yang terparkir rapi, di depan dealer Honda kota Kendari. Foto: Ahmad Jaelani/Telisik

" Viral di media sosial pengguna motor Honda, mengeluhkan rangka motor mudah berkarat hingga keropos. Rangka keluaran terbaru dari Honda tersebut memakai teknologi enhanced Smart Architecture Frame (eSAF) "

KENDARI, TELISIK.ID - Viral di media sosial pengguna motor Honda, mengeluhkan rangka motor mudah berkarat hingga keropos. Rangka keluaran terbaru dari Honda tersebut memakai teknologi enhanced Smart Architecture Frame (eSAF).

Rangka eSAF adalah teknologi terbaru dari Honda yang memadukan lembaran pelat baja yang dipotong dengan laser kemudian dipres, lalu digabungkan dengan cara dilas. Teknologi eSAF pertama kali diperkenalkan pada tahun 2019. Honda Genio menjadi motor keluaran Honda yang memakai rangka eSAF, kemudian disusul oleh Beat, Scoopy, dan Vario.

dirangkum dari situs resmi, Astra Honda Motor (AHM) sendiri mengklaim, rangka eSAF dibuat 8 persen lebih ringan dibandingkan dengan model-model sebelumnya. Menurut AHM, eSAF ini rangkanya lebih ringan, membuat skutik-skutik yang menggunakan rangka tersebut menjadi lebih lincah dari sebelumnya. Selain itu, AHM juga mengatakan, rangka ini diklaim lebih presisi daripada rangka-rangka motor sebelumnya.

Meski begitu, sejumlah pengguna mengeluhkan rangka eSAF ini. Pengguna di Kota Kendari mengklaim lebih menyukai rangka keluaran lama dari Honda yang lebih awet dan kokoh.

Baca Juga: Mesin Motor Ini Hanya Ganti Skin, Masih Bisa Lebih Kencang?

Salah satunya Viki Hidayat, pemilik Honda Scoopy buatan 2021 di Kota Kendari ia khawatir tentang isu yang beredar tentang rangka Honda.

"Motorku sampai sekarang, saya rawat terus, pernah saya bongkar bodynya, ya lumayan sedikit berkarat karena pulang bale di tambang," ucapnya, Kamis (5/10/2023).

Sejumlah motor keluaran Honda yang memakai rangka eSAF, mulai dari Genio hingga Vario. Adapun daftar motornya sebagai berikut ini:

Honda Genio, motor jenis ini diluncurkan pada pertengahan tahun 2019 lalu dan telah menjadi pilihan terbaru konsumen di Indonesia yang membutuhkan produk skutik entry level.

Honda Beat dan Beat Street Motor ini diluncurkan pada awal tahun 2020 silam dan banyak diminati konsumen di Indonesia karena desain motor yang sporty, bandel, dan irit.

Honda Scoopy, Skutik entry level paling tinggi dari AHM ini dilengkapi dengan beberapa fitur kekinian seperti remote keyless dan panel instrumen digital.

Honda Vario 160, Motor yang mempunyai body lebih besar ini pertama kali diperkenalkan ke pasar Indonesia pada awal tahun 2022 lalu. Vario 160 menjadi model tertinggi yang menerima rangka ini.

Melansir, news. Kompas.com, kekhawatiran pengguna terkait keroposnya rangka eSAF, Ahmad Muhibbuddin, General Manager Corporate Communication PT AHM, menyatakan bahwa jaringan Honda sudah menjual suku cadang, termasuk rangka.

"Tidak hanya eSAF yang dijual, rangka motor lain juga. Jaringan kami melayani penjualan suku cadang asli Honda, termasuk di dalamnya adalah rangka," kata Muhib ,Selasa (22/8/2023).

Penjualan rangka dilakukan untuk antisipasi kebutuhan konsumen motor Honda, termasuk kondisi seperti sekarang. Namun, penjualannya tidak dilakukan secara bebas, ada syarat yang harus dipenuhi.

"Terdapat syarat yang harus dipenuhi sebagai acuan AHM dalam mencetak ulang nomor rangka sebagai identitas tunggal dan kepemilikan sepeda motor konsumen guna memastikan keamanan dan keaslian rangka," ucap Muhib.

Baca Juga: Motor Ini Diklaim jadi Raja Sport 150 CC, Salah Satunya Terkencang?

Suyet, pengguna Honda Vario 160, yang baru 3 bulan membeli motornya, menyatakan, "Nda mungkin la masih baru langsung keropos, kalau memang seperti tetap saya permasalahkan ke dealernya langsung." Katanya.

Sebagai kontras, La Arif, seorang mekanik Honda di Kota Kendari menyatakan, klaim garansi bisa diajukan jika rusak di awal, namun harus diperiksa terlebih dahulu.

Meskipun rangka eSAF memiliki kelebihan dalam hal ringan dan presisi, pengguna Honda di Indonesia tetap waspada terhadap kerentanannya terhadap karat dan keropos.

Dalam menghadapi masalah ini, AHM memberikan solusi melalui penjualan suku cadang asli Honda, termasuk rangka, namun dengan syarat yang harus dipenuhi untuk memastikan keamanan dan keaslian rangka tersebut. (A)

Penulis: Ahmad Jaelani

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga