Dewan Jatim Sebut Pengerukan dan Pendalaman Kali Solusi Atasi Banjir

Try Wahyudi Ary Setyawan, telisik indonesia
Minggu, 20 Desember 2020
0 dilihat
Dewan Jatim Sebut Pengerukan dan Pendalaman Kali Solusi Atasi Banjir
Anggota DPRD Jatim, makin abbas. Foto: Yudi/Telisik

" Jadi langganan di wilayah Balongpanggang tiap tahunnya. Saya berharap ada upaya pengerukan dan pendalaman di wilayah sungai tersebut. "

SURABAYA, TELISIK.ID - Untuk mengantisipasi banjir yang menjadi langgganan terjadi, Dewan Jawa Timur (Jatim) berharap ada pengerukan dan pendalaman di Kali Lamong.

"Jadi langganan di wilayah Balongpanggang tiap tahunnya. Saya berharap ada upaya pengerukan dan pendalaman di wilayah sungai tersebut," kata anggota Komisi D DPRD Jatim, Makin Abbas saat dikonfirmasi di Surabaya, Minggu (20/12/2020).

Politisi asal Lamongan ini mengatakan, meski untuk pengerjaannya tanggungjawab daerah, maka perlu ada sinergi antara pusat, propinsi hingga kabupaten.

Baca juga: Hari Ini, Tujuh Desa di Buton Tengah Gelar Pilkades Serentak

"Negara harus hadir ketika rakyat membutuhkan. Perlu ada sinergi antara propinsi, kabupaten dan pemerintah pusat untuk mengatasi luapan Kali Lamong tersebut," jelas mantan ketua DPRD Lamongan ini.

Untuk diketahui, beberapa waktu lalu Kali Lamong kembali meluap. Hingga Minggu sore (13/12), setidaknya 23 desa tergenang.

Banjir tersebut dipicu hujan deras sehingga Kali Lamong meluber, bahkan tanggul di wilayah Dawarblandong, Mojokerto menjadi jebol. Kawasan Gresik Selatan pun turut merasakan dampaknya. (B)

Reporter: Try Wahyudi Ari Setyawan

Editor: Fitrah Nugraha

TAG:
Artikel Terkait
Baca Juga