Dibiayai APBN 2,7 Miliar, Pasar Rakyat Kambara jadi Aset Pemda Muna Barat

Putri Wulandari, telisik indonesia
Sabtu, 01 Juli 2023
0 dilihat
Dibiayai APBN 2,7 Miliar, Pasar Rakyat Kambara jadi Aset Pemda Muna Barat
Tampak los yang ada di pasar rakyat Kambara, Kabupaten Muna Barat yang dibiayai APBN sebesar 2,7 miliar. Foto: Ist.

" Pembangunan pasar rakyat Kambara menjadi aset pemerintah daerah (Pemda) Muna Barat, dari dana APBN sebesar Rp 2,7 miliar "

MUNA BARAT, TELISIK.ID - Pembangunan pasar rakyat Kambara menjadi aset pemerintah daerah (Pemda) Muna Barat, dari dana APBN sebesar Rp 2,7 miliar.

Pasar rakyat Kambara yang terletak di Kelurahan Tiworo, Kecamatan Tiworo Kepulauan itu diresmikan langsung oleh Penjabat (Pj) Bupati Muna Barat, Bahri, Jumat (30/6/2023) kemarin.

Bahri katakan, pembangunan pasar rakyat Kambara itu sejak Juli 2022 lalu, maka dengan selesainya pembangunan pasar tersebut agar mampu meningkatkan fungsi pasar sebagai sarana perdagangan rakyat yang aman, nyaman, bersih, tertata, dan lebih estetis.

Baca Juga: Libur Idul Adha 1444 Hijriah, Warga Pulau Muna Sasar Wisata Religi

"Pekerjaannya telah selesai sejak Desember 2022 lalu, namun baru diserahkan kemarin, sebab menunggu penyerahan aset," ungkapnya, Sabtu (1/7/2023).

Ia mengatakan, pasar itu dibiayai oleh APBN, untuk itu pihak Pemerimtah Pusat harus menyerahkan ke pemda dalam bentuk aset, setelah menjadi aset pemda, segala prosedur dilaksanakan, sehingga pasar itu baru diresmikan.

Pasar rakyat Kambara itu, menyediakan 100 unit los, kemudian los itu akan disewakan ke masyarakat untuk menjajakan jualannya, hasilnya akan diserahkan ke kas keuangan daerah, maka dalam pembagian los akan menggunakan sistem lot.

Untuk itu, ia berharap kepada masyarakat setempat untuk selalu menjaga kebersihan pasar dengan membentuk panitia atau satgas guna menjaga kebersihan pasar. Tak hanya itu, dengan revitalisasi pasar tersebut dapat mendukung pemulihan ekonomi di Muna Barat.

Sementara itu, salah satu pedagang di pasar rakyat Kambara itu, bersyukur atas giat Pj Bupati Muna Barat, sebab telah merampungkan pasar itu menjadi lebih baik dan bersih.

“Saya senang sekali pasarnya tambah bagus dan bersih. Semoga pengunjungnya nanti bertambah banyak dan fasilitasnya juga semakin lengkap,” Kata Wa Hajiba.

Baca Juga: Hendak Sambung Instalansi Listrik, Pria di Muna Barat Tewas

Untuk Diketahui, 2022 lalu Pemda Muna Barat membangun dua pasar rakyat, yakni pasar Kambara dan Sukadamai. Pembangunan kedua pasar itu, pemda mendapatkan anggaran bersumber dari dana tugas pembantuan (TP) Kementerian Perdagangan.

Dana TP adalah dana berasal dari APBN yang dilaksanakan oleh daerah dan desa mencakup semua penerimaan dan pengeluaran dalam rangka pelaksanaan kegiatan tugas pembantuan.

Kegiatan TP dialokasikan untuk kegiatan bersifat fisik antara lain pengadaan tanah, bangunan, peralatan dan mesin, jalan, irigasi dan jaringan, serta kegiatan fisik lain yang menambah nilai aset pemerintah. (B)

Penulis: Putri Wulandari

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga