Diduga Langgar UU ITE, Pemilik Akun FB Widodo Wido Diperiksa Polisi

Muhamad Surya Putra, telisik indonesia
Rabu, 12 Agustus 2020
0 dilihat
Diduga Langgar UU ITE, Pemilik Akun FB Widodo Wido Diperiksa Polisi
Pemilik akun Widodo Wido saat diperiksa penyidik Polres Konawe Foto: Muh. Surya Putra/Telisik

" Iyo tau wa, wajar, jikalau semua media telah dibayar, independence suda tidak ada, janmi pusing, toh media sekarang suda hilang kepercayaan. "

KONAWE, TELISIK.ID - Pemilik Akun Facebook Widodo Wido menjalani pemeriksaan di ruangan Unit Tindak Pidana Tertentu (Tipidter) Reskrim Polres Konawe atas dugaan pelanggaran Undang-undang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) Nomor 11 Tahun 2018, Rabu (12/8/2020).

Berdasarkan pantauan awak media ini, saat memenuhi panggilan penyidik, pemilik akun FB Widodo Wido didampingi beberapa orang rekannya.

Widodo Wido dilaporkan ke polisi atas dugaan pelecehan profesi wartawan pada kolom komentar dari postingan (status) akun FB Pijar Keadilan Sultra. Dalam komentarnya, Widodo Wido menyebut bahwa semua media telah dibayar dan sudah hilang kepercayaan di masyarakat.

"Iyo tau wa, wajar, jikalau semua media telah dibayar, independence suda tidak ada, janmi pusing, toh media sekarang suda hilang kepercayaan," kata Widodo Wido dalam komentarnya pada Selasa, 28 Juli 2020.

Mas Jaya, Direktur Tribun Konawe mewakili wartawan di Kabupaten Konawe didampingi teman seprofesi, melaporkan dugaan kasus pencemaran nama baik/pelecehan profesi wartawan ini kepada pihak Polres Konawe.

Atas aduan tersebut, Satuan Reserse Kriminal (Sat Reskrim) Polres Konawe telah menerbitkan Tanda Bukti Laporan Pengaduan, Selasa (28/07/2020) lalu.

Baca juga: Penahanan Oknum Anggota DPRD Ditangguhkan, Kapolda dan Kapolrestabes Beda Pendapat

"Kami teman-teman wartawan sangat menyayangkan ada oknum yang telah mencemarkan nama baik media, khususnya media yang ada di Konawe," ungkap Mas Jaya usai mengadukan akun FB Widodo Wido.

MJ sapaan akrabnya, meminta kepada pemilik akun Facebook Widodo Wido untuk membuktikan jika memang media yang ada di Konawe telah dibayar dan siapa yang membayar.

"Buktinya mana media telah dibayar. Janganlah mengeluarkan statemen yang tidak berdasar, ini fitnah," kesalnya.

Menurut MJ, jika ada kritik dan saran untuk media atau wartawan Konawe, agar didiskusikan dengan baik, jangan di bawa ke ruang publik seperti Facebook.

"Untuk efek jera, kita telah laporkan pemilik akun Facebook Widodo Wido ini, kita duga ia melanggar Undang-undang ITE," ujar MJ.

Reporter: Muh. Surya Putra

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga