Didukung 29 DPC, Menantu Mantan Gubernur Calon Kuat Pimpin Demokrat Jatim

Try Wahyudi Ary Setyawan, telisik indonesia
Jumat, 12 Februari 2021
0 dilihat
Didukung 29 DPC, Menantu Mantan Gubernur Calon Kuat Pimpin Demokrat Jatim
Sekretaris Demokrat Jatim, Bayu Airlangga. Foto: Ist.

" Semua sudah bulat dan solid, 29 Ketua DPC sepakat menginginkan dan mengusulkan Saudara Bayu Airlangga untuk menjadi ketua DPD Partai Demokrat Jatim di Musda nanti. "

SURABAYA, TELISIK.ID - Sebanyak 29 Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Demokrat di Jawa Timur (Jatim) menyatakan dukungan terhadap Bayu Airlangga.

Bayu Airlangga sendiri yang juga adalah menantu dari mantan gubernur Jatim Soekarwo saat ini adalah menjabat Sekretaris DPD Demokrat Jatim.

Ke-29 ketua DPC yang sudah memberikan dukungan kepada Bayu Airlangga untuk menjadi Ketua DPD PD Jatim lima tahun mendatang.

Sejumlah DPC tersebut adalah DPC Pacitan, Lamongan, Kota Surabaya, Nganjuk, Bojonegoro, Kabupaten Kediri, Sampang, Bangkalan, Pamekasan, Kabupaten Mojokerto, Situbondo, Jember, Bondowoso.

Kemudian DPC Kabupaten Probolinggo, Kota Pasuruan, Kabupaten Malang, Batu, Kabupaten Madiun, Kota Madiun, Magetan.

Lalu ada lagi dari DPC Sumenep, Jombang, Sidoarjo, Gresik, Kota Mojokerto, Kota Blitar, Tulungagung dan DPC Kabupaten Pasuruan serta DPC Ngawi.

Ketua DPC Demokrat Mojokerto, Ayub Busono Listyawan mengatakan, dukungan tersebut dibuktikan adanya pertemuan konsolidasi para ketua DPC Partai Demokrat seluruh Jawa Timur.

Dari 38 DPC kabupaten/kota yang ada di Jawa Timur, memang tidak semuanya ikut hadir secara lengkap. Karena dari 38 Ketua DPC, ada 3 ketua DPC yang meninggal Dunia. Jadi total ketua DPC yang aktif sekarang ada 35 DPC.

Baca juga: Gerindra Sultra Pasang Kuda-kuda Lebih Awal Hadapi Pemilu

“Semua sudah bulat dan solid, 29 Ketua DPC sepakat menginginkan dan mengusulkan Saudara Bayu Airlangga untuk menjadi ketua DPD Partai Demokrat Jatim di Musda nanti,” kata Ayub saat dikonfirmasi, Jumat (13/2/2021).

Senada dengan itu, Ketua DPC Partai Demokrat Kabupaten Bojonegoro, Syukur Priyanto membeberkan inti pertemuan tersebut adalah tujuannya sama dan satu frekuensi untuk membesarkan Partai Demokrat di masa yang akan datang.

“Dengan pertimbangan untuk kepentingan kemajuan dan kemenangan Partai Demokrat lima tahun mendatang, ada 29 DPC sepakat memberikan dukungan kepada Bayu Airlangga sebagai ketua definitif Partai Demokrat Jatim 2021-2026,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua DPC Partai Demokrat Nganjuk Fauzi Irwana mengatakan, sosok Bayu sangat pantas memimpin Demokrat ke depan.

Pasalnya, sejak sebelum menjadi Sekretaris DPD pun, Bayu Airlangga juga selalu rutin turun ke daerah-daerah ke sejumlah DPC melakukan konsolidasi partai.

“Baik itu saat ada pilkada maupun tidak, Mas Bayu selalu aktif komunikasi dengan kami,” pungkasnya.

Untuk diketahui, DPD Partai Demokrat Jatim dalam waktu dekat ini akan menggelar Musda ke VI untuk memilih Ketua yang baru. Saat ini Pelaksana Tugas Ketua PD Jatim dijabat oleh Emil E Dardak yang juga Wakil Gubernur Jatim.

Sempat beredar terdapat lima nama kandidat calon ketua DPD PD Jatim, diantaranya adalah Emil E Dardak (Wagub Jatim), Bayu Airlangga (Wakil Ketua Komisi A DPRD Jatim), Achmad Iskandar (Wakil Ketua DPRD Jatim), Sri Subiati (Ketua Fraksi PD DPRD Jatim) dan Agus Dono W (Anggota FPD DPRD Jatim). (A)

Reporter: Try Wahyudi Ari Setyawan

Editor: Fitrah Nugraha

TAG:
Baca Juga