Diikuti Ribuan Peserta, PT PNM Gelar PKU Berdayakan IRT di Kota Kendari

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Selasa, 13 Juni 2023
0 dilihat
Diikuti Ribuan Peserta, PT PNM Gelar PKU Berdayakan IRT di Kota Kendari
Ribuan nasabah PT PNM yang berada di Hotel Sahid Azizah Syariah saat menghadiri acara PKU, kegiatan ini sendiri didominasi ibu rumah tangga sebagai pelaku usaha. Foto: Nur Khumairah/Telisik

" PT Permodalan Nasional Madani (PNM) sebagai bagian dari holding ultra mikro (UMi), terus melakukan pemberdayaan melalui program pelatihan yang diberikan kepada wanita pra sejahtera "

KENDARI, TELISIK.ID - PT Permodalan Nasional Madani (PNM) sebagai bagian dari holding ultra mikro (UMi), terus melakukan pemberdayaan melalui program pelatihan yang diberikan kepada wanita pra sejahtera.

Dalam sambutannya, Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Mikro (UKM) Kota Kendari, Alda Kesutan Lapae menuturkan, kegiatan itu mampu mengembangkan usaha-usaha mikro yang ada di Kota Kendari.

Pemberdayaan perempuan pada sektor UMKM diharapkan dapat menurunkan tingkat kemiskinan, memberikan peningkatan penghasilan, meningkatkan pengetahuan dan kualitas sumber daya manusia serta menyiapkan komunitas perempuan menjadi komunitas yang ramah terhadap lingkungan sekitar.

Jumlah perempuan yang menjadi pemilik usaha beberapa tahun belakangan bertambah banyak. Mereka mendapatkan perhatian beberapa instansi, baik swasta maupun pemerintah, yang aktif memberikan penghargaan bagi para perempuan wirausaha.

Baca Juga: Hujan Seharian Sebabkan Jalan di Kendari Terendam hingga Sungai Wanggu Meluap

PT PNM Cabang Kendari, melakukan pemberdayaan adalah anak usaha BRI yang berbisnis di bidang pembiayaan mikro. Untuk mendukung kegiatan bisnisnya, hingga tahun 2020, perusahaan ini memiliki 62 kantor cabang ULaMM, 626 kantor layanan ULaMM, dan 2.668 kantor cabang Mekaar.

Manajer Bisnis PT PNM cabang Kota Kendari, Yudi Viandani Basir mengatakan, di Kota Kendari sendiri PT PNM berdiri sejak 2015 lalu, di mana kini telah memiliki sekitar 11.533 nasabah per Mei 2023 di Kota Kendari dengan total standing cost sekitar Rp 57,3 miliar.

Yudi menyebut, alasan PT PNM menargetkan ibu rumah tangga diharapkan bisa lebih produktif

"Kebanyakan ibu rumah tangga ingin membantu perekonomian keluarga tapi terkendala modal. Selain itu, IRT merupakan pondasi ekonomi yang mengelola keuangan keluarga," tambahnya.

Melansir Pnm.co.id. selain memberikan bantuan modal pada nasabahnya, PT PNM juga menyediakan beberapa jenis kegiatan cakupan PKU-PK di antaranya:

- Pelatihan Nasabah PNM ULaMM

Merupakan program pelatihan yang dikhususkan bagi para nasabah PNM ULaMM. Program pelatihan ini dilakukan di seluruh kantor cabang PNM di Indonesia.

- Pembinaan Klaster

Merupakan program pembinaan nasabah yang dilakukan melalui pola klasterisasi/pengelompokan. Klaster ditentukan berdasarkan jenis usaha dan lokasi nasabah. Program ini mencakup pelatihan dan pendampingan di berbagai aspek, di antaranya: keuangan, produksi, pemasaran, dan kelembagaan. Pembinaan Klaster diperuntukan kepada nasabah PNM ULaMM maupun PNM Mekaar.

- Pendampingan Nasabah PNM Mekaar

Baca Juga: Dukung Anak Berkebutuhan Khusus, SMPN 2 Kendari Jadi Percontohan Sekolah Inklusi

Merupakan program pendampingan yang dikhususkan bagi para nasabah PNM Mekaar. Program pendampingan ini dilakukan di seluruh kantor cabang PNM Mekaar di Indonesia.

Kegiatan ini juga meningkatkan kemampuan dan keterampilan pelaku usaha, meningkatkan akses terhadap modal finansial dan usaha, mendorong pengembangan usaha serta meningkatkan keberlanjutan usaha.

Modal pembiayaan yang diberikan berdasarkan kelompok yang terdiri dari 5-10 orang dengan modal Rp 3 juta hingga Rp 9 juta per orang yang dibayar per Minggu.

Kegiatan itu diselenggarakan di Hotel Sahid Azizah Syariah, Kota Kendari. Pelatihan yang diselenggarakan oleh Divisi Pengembangan Kapasitas Usaha (PKU) ini dilakukan untuk sosialisasi dan pelatihan nasabah PNM, yaitu PKU Akbar. Selain menggelar PKU, kegiatan ini juga dirangkaikan dengan bagi-bagi undian pada puluhan nasabah. (A)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga