Dikabarkan Mundur dari Kabinet, Luhut Kirim Pesan Khusus ke Golkar

Mustaqim, telisik indonesia
Rabu, 25 Oktober 2023
0 dilihat
Dikabarkan Mundur dari Kabinet, Luhut Kirim Pesan Khusus ke Golkar
Potongan video rekaman suara Luhut Binsar Pandjaitan yang beredar saat HUT ke-59 Partai Golkar, Jumat (20/10/2023). Foto: Screenshot video

" Kabar mundurnya Luhut Binsar Pandjaitan dari kabinet, muncul menyusul Luhut yang masih menjalani pemulihan dari sakitnya di sebuah rumah sakit di Singapura "

JAKARTA, TELISIK.ID – Kabar mundurnya Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves), Luhut Binsar Pandjaitan, dari Kabinet Indonesia Maju (KIM), beredar luas di ruang media maya hingga menjadi perbincangan publik pada Selasa (24/10/2023).

Kabar ini muncul menyusul Luhut yang masih menjalani pemulihan dari sakitnya di sebuah rumah sakit di Singapura. Namun, Juru Bicara Luhut, Jodi Mahardi, buru-buru membantah kabar tersebut.

“Menanggapi informasi yang beredar mengenai Pak Menko Luhut dikabarkan mengundurkan diri dari posisinya sebagai Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, saya ingin memastikan bahwa kabar tersebut tidak benar,” katanya dalam keterangan tertulis di Jakarta, Selasa (24/10/2023).

Kendati begitu, Jodi membenarkan bahwa Luhut masih dalam tahap perawatan di Singapura. Dia menyebut, kondisi mantan Menko Polhukam itu sudah jauh membaik dan saat ini mendapatkan perawatan fisioterapi.

“Pak Luhut masih dalam perawatan di Singapura dengan kondisi yang sudah sangat baik dibanding sebelumnya. Perawatan saat ini dititikberatkan pada fisioterapi,” tutur Jodi yang juga menjabat sebagai Deputi Bidang Koordinasi Kedaulatan Maritim dan Energi Kemenko Marves.

Kabar mundurnya Luhut dari Kabinet Indonesia Maju juga ditepis oleh Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Bahlil Lahadalia. Dia menegaskan bahwa Luhut tidak pernah menyatakan mundur dari KIM.

Baca Juga: Sandiaga Uno: Kondisi Luhut Berangsur Semakin Sehat

“Nggak kok, saya nggak dengar ya,” ujar Bahlil di Jakarta, Selasa (24/10/2023).

Bahlil meminta publik untuk terus memanjatkan doa agar Luhut dapat segera pulih dan beraktivitas normal kembali. “Alhamdulillah Opung (Luhut) sudah membaik. InsyaAllah kita doakan biar cepat pulih bisa kembali untuk beraktivitas seperti sedia kala,” harapnya.

Pada Jumat (20/10/2023), bertepatan dengan tasyakuran HUT ke-59 Partai Golkar, muncul potongan rekaman suara Luhut Binsar Panjaitan. Dalam rekaman itu Luhut menyampaikan permohonan maaf tidak bisa hadir karena masih menjalani perawatan di Singapura.

Luhut pun mengucapkan selamat HUT ke-59 Partai Golkar. “Maaf saya seharusnya ada di tengah-tengah Anda, tapi satu dan lain hal saya sekarang berada di Singapura dalam perawatan. Kita bersyukur sampai hari ini kesehatan saya sudah membaik, dan saya berharap kita akan bisa bertemu dan berbincang-bincang. Saya ingin mengucapkan selamat HUT Golkar yang ke-59,” ujar Luhut dengan suara yang terdengar jelas dan lancar.

Dalam rekaman pernyataannya itu, Luhut mengatakan, Golkar punya peran yang sangat sentral dalam pembangunan Indonesia. Dia pun menilai, transformasi ekonomi Indonesia sekarang ini sebenarnya banyak dilakukan oleh tokoh-tokoh Golkar, seperti katalog digitalisasi, hilirisasi dan karbonisasi dari daerah sampai ke pusat.

“Anda harus merasa bangga menjadi bagian dari itu dan Pak Jokowi sebagai Presiden Republik Indonesia berkali-kali mengingatkan kita bahwa Golkar sangat sentral dalam hal ini,” ujar Luhut dalam rekaman suara berdurasi 3 menit 15 detik tersebut.

Dalam rekaman itu Luhut juga mengajak seluruh kader Golkar tetap kompak, meski diakuinya masih banyak perbedaan. Dia pun berharap Golkar menyiapkan kader-kader terbaiknya untuk didorong masuk ke parlemen.

Sebelumnya, Luhut melalui akun Instagram pribadi-nya @luhut.pandjaitan pada Selasa (10/10), menjelaskan bahwa dirinya disarankan oleh dokter untuk beristirahat selama beberapa hari. Kondisi kesehatan Luhut tiba-tiba melemah setelah menghadiri suatu kegiatan.

Baca Juga: Galang Dukungan Provinsi Lain, Golkar Jawa Timur Dukung Luhut Ganti Airlangga Hartarto

“Tiba-tiba saya merasa kelelahan yang amat luar biasa. Rasa lelah ini tak seperti yang biasa saya rasakan selepas bekerja,” kata Luhut.

Luhut kemudian dibawa istrinya ke salah satu rumah sakit di Jakarta untuk tindakan preventif lebih lanjut. Dengan kondisi kesehatan seperti itu, Luhut selama beberapa hari tidak diizinkan oleh tim dokter untuk beraktivitas seperti biasa.

Setelah mendapat tawaran dari koleganya yakni Senior Minister Singapura, Teo Chee Hean, dan Menteri Luar Negeri Singapura, Vivian Balakhrisnan, Luhut memutuskan untuk menjalani tahap pemulihan di Singapura, sekaligus melakukan pemeriksaan medis dan evaluasi yang lebih komprehensif.

Sejak Luhut menjalani perawatan medis, Presiden Joko Widodo telah menunjuk Menteri BUMN, Erick Thohir, untuk menjalankan tugas harian sebagai Menko Marves Ad Interim untuk menggantikan sementara Luhut Binsar Pandjaitan.

Jokowi juga mengajak masyarakat untuk mendoakan Luhut agar segera diberikan kesembuhan. (A)

Penulis: Mustaqim

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga