Dikbud Sulawesi Tenggara Dukung Pentingnya Pramuka di Lingkungan Sekolah

Febry Jahra Lestiani, telisik indonesia
Rabu, 06 Desember 2023
0 dilihat
Dikbud Sulawesi Tenggara Dukung Pentingnya Pramuka di Lingkungan Sekolah
Melalui Pramuka dapat memperoleh segudang pengalaman yang tidak didapatkan dalam proses belajar mengajar di kelas. Foto: Ist.

" Program Pramuka di sekolah bertujuan untuk mengembangkan karakter, keterampilan, dan kepemimpinan siswa melalui berbagai kegiatan yang bersifat petualangan dan pembelajaran "

KENDARI, TELISIK.ID – Pentingnya kegiatan Pramuka di lingkungan sekolah, Kadis Dikbud Sulawesi Tenggara ingin ciptakan sumber daya manusia yang unggul.

Pramuka di sekolah merupakan kegiatan ekstrakurikuler yang umumnya diterapkan di banyak lembaga pendidikan di Indonesia. Program Pramuka di sekolah bertujuan untuk mengembangkan karakter, keterampilan, dan kepemimpinan siswa melalui berbagai kegiatan yang bersifat petualangan dan pembelajaran.

Melalui kegiatan Pramuka, siswa dapat belajar tentang nilai-nilai kepemimpinan, tanggung jawab, dan penghargaan terhadap lingkungan sekitar. Pramuka di sekolah memberikan pengalaman yang berharga bagi siswa dalam membangun kemandirian dan meningkatkan rasa kecintaan terhadap negara dan alam.

Menurut Kepala Dinas Dikbud Sulawesi Tenggara, Yusmin, fokusnya bukan hanya pada pembangunan fisik, melainkan pada perubahan pola pikir. Tujuan utamanya adalah menciptakan Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul, salah satunya di bidang Pramuka pada siswa di sekolah.

Kegiatan Pramuka dapat membentuk karakter siswa. Foto: Ist.

 

Pramuka di sekolah memiliki peran yang sangat penting dalam membentuk karakter dan mengembangkan keterampilan siswa.

Baca Juga: Dikbud Sulawesi Tenggara Raih Penghargaan Warisan Budaya Tak Benda 2023

Berikut adalah beberapa alasan mengapa Pramuka di sekolah dianggap penting:

1. Pembentukan Karakter

Pramuka membantu membentuk karakter siswa melalui pengenalan nilai-nilai seperti kejujuran, kedisiplinan, kerja sama, tanggung jawab, dan rasa peduli terhadap sesama.

2. Pengembangan Keterampilan

Melalui kegiatan-kegiatan Pramuka, siswa dapat mengembangkan berbagai keterampilan, seperti keterampilan bertahan hidup, orientasi di alam terbuka, keterampilan kepemimpinan, dan keterampilan sosial.

Kadis Dikbud Sulawesi Tenggara mendukung pentingnya kegiatan Pramuka di sekolah untuk menciptakan SDM unggul. Foto: Ist.

 

3. Pendidikan Kemandirian

Pramuka memberikan pengalaman praktis dalam mengatasi tantangan dan masalah, sehingga siswa dapat belajar menjadi mandiri dan menghadapi situasi yang mungkin dihadapi dalam kehidupan sehari-hari.

4. Penghargaan Terhadap Lingkungan

Melalui kegiatan di alam terbuka, Pramuka membantu meningkatkan kesadaran siswa terhadap pentingnya menjaga lingkungan dan alam.

5. Pembentukan Sikap Patriotisme

Keterlibatan dalam kegiatan Pramuka dapat meningkatkan rasa cinta terhadap negara dan semangat kebangsaan, mengajarkan siswa untuk menghargai nilai-nilai nasionalisme.

Baca Juga: Dikbud Kota Kendari Buka Suara Terkait Sekolah Kurang Fasilitas

6. Pelatihan Kepemimpinan

Pramuka memberikan peluang bagi siswa untuk mengembangkan keterampilan kepemimpinan melalui peran-peran dalam kelompok, baik sebagai pemimpin regu maupun dalam tingkat yang lebih tinggi di organisasi Pramuka.

Salah seorang siswa kelas 11 SMAN 2 Parigi, Stti Hazrah juga mengungkapkan bahwa Pramuka sangat penting dan menyenangkan hingga ia memulai tergabung dalam dunia Pramuka sejak di bangku sekolah dasar.

‘’Menurutku, Pramuka bisa membentuk karakter untuk anak muda dan kita juga mendapatkan segudang pengalaman yang tidak didapatkan ketika dalam proses belajar mengajar,’’tutur Hazrah. (B)

Penulis: Febry Jahra Lestiani

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga