Dikbud Sulawesi Tenggara Minta Sekolah Segera Input Data SNBP

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Senin, 13 November 2023
0 dilihat
Dikbud Sulawesi Tenggara Minta Sekolah Segera Input Data SNBP
Suasana gedung Kantor Dikbud Sulawesi Tenggara. Foto: dok. Telisik

" Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Sulawesi Tenggara, memberikan imbauan khusus kepada semua SMA di wilayah Bumi Anoa "

KENDARI, TELISIK.ID - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Sulawesi Tenggara, memberikan imbauan khusus kepada semua SMA di wilayah Bumi Anoa.

Imbauan tersebut menekankan pentingnya penginputan data siswa calon peserta bebas tes atau melalui jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP). Langkah ini diambil untuk memastikan, siswa berprestasi mendapatkan peluang yang setara dalam mengikuti seleksi masuk perguruan tinggi negeri (PTN) favorit pada tahun ini.

Keputusan untuk mendorong penginputan data ini dianggap sebagai strategi yang esensial dalam mendukung akses siswa berprestasi ke perguruan tinggi unggulan. Proses SNBP memberikan kesempatan kepada siswa untuk diterima berdasarkan prestasi akademiknya.

Baca Juga: Dikbud Sulawesi Tenggara Ajak Siswa SMA Deklarasi Pemilu Damai

Keterlibatan aktif dari setiap SMA di Sulawesi Tenggara diharapkan dapat memastikan kelancaran proses ini.

Suasana sosialiasi program sekolah penggerak yang dilakukan oleh Dikbud Sulawesi Tenggara di salah satu SMA di Kota Kendari. Foto: dok. Telisik

 

Menurut Kepala Bidang (Kabid) SMA Dikbud Sulawesi Tenggara, Asikin Pasiu, setiap sekolah wajib mengusulkan siswanya yang berprestasi untuk masuk perguruan tinggi lewat jalur bebas tes atau SNBP.

Kata Asikin, cara mudah mengusulkan siswa ini cukup mudah. Di mana sekolah bisa langsung mengakses link snpmb.bppp.kemendikbud.go.id dan mengikuti petunjuk teknis (juknis) penerimaan.

“Siswa yang berprestasi, harus didampingi agar bisa masuk perguruan tinggi gratis. Pemerintah sudah buka jalurnya tinggal sekolah yang bantu,” ungkap Asikin kepada awak media, Jumat (10/2/2023).

Suasana belajar siswa di salah satu SMA di Kabupaten Bombana. Foto: dok. Telisik

 

Lebih lanjut, Asikin berharap, agar seluruh sekolah dapat segera menginput data siswa sebelum batas waktu pendaftaran atau registrasi akun peserta pada 16 Februari 2023. Upaya ini bertujuan untuk memastikan bahwa semua proses administratif terkait Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) dapat dilakukan dengan lancar dan tepat waktu.

Di sisi lain, Asikin menekankan urgensi percepatan pengusulan data calon penerima beasiswa bebas tes. Langkah ini diambil untuk menghindari potensi ketidaklulusan siswa, yang menjadi perhatian serius setelah kejadian tahun lalu di SMAN 4 Kendari.

Pada tahun tersebut, tidak ada satupun siswa yang berhasil lolos melalui jalur bebas tes, dan oleh karena itu, langkah-langkah proaktif seperti percepatan pengusulan data menjadi kunci dalam memastikan kelancaran proses seleksi dan penerimaan beasiswa.

Baca Juga: Imbas Video Viral, Kadis Dikbud Sulawesi Tenggara Bakal Polisikan Kades di Kolaka Jika Tak Minta Maaf ke Publik

“Kami sudah bersurat ke sekolah, untuk segera membantu siswanya yang ingin kuliah lewat jalur bebas tes,” pungkasnya.

Sebagai tambahan, dikutip dari smup.unpad.ac.id, pada jalur SNBP calon mahasiswa ditekankan memiliki kompetensi yang holistik dan lintas disipliner. Karena untuk sukses di masa depan, diperlukan beragam kompetensi, contohnya, seorang pengacara harus punya ilmu dasar tentang hukum, tetapi juga harus memiliki ilmu komunikasi yang jadi pembeda.

Pada seleksi nasional berdasarkan prestasi ini, seleksi akan berfokus pada pemberian penghargaan tinggi atas kesuksesan pembelajaran yang menyeluruh di pendidikan menengah. Hal ini dilakukan melalui pemberian bobot minimal 50 persen untuk nilai rata-rata rapor seluruh mata pelajaran. (B-Adv)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga