Dinas PUPR Kota Kendari Klaim Jalan Chairil Anwar Rusak Gegara Tak Ada Drainase

La Ode Muhamad Alwi, telisik indonesia
Sabtu, 04 Februari 2023
0 dilihat
Dinas PUPR Kota Kendari Klaim Jalan Chairil Anwar Rusak Gegara Tak Ada Drainase
Akibat Jalan Chairil Anwar yang rusak, pengendara kurangi kecepatan. Foto: La Ode Muhamad Alwi/Telisik

" Permasalahan jalanan rusak menjadi momok tersendiri karena menyangkut keselamatan berkendara. Proyek pengaspalan jalan perlu menjadi perhatian, karena di situ ada anggaran masyarakat yang digelontorkan "

KENDARI, TELISIK.ID - Permasalahan jalanan rusak menjadi momok tersendiri karena menyangkut keselamatan berkendara. Proyek pengaspalan jalan perlu menjadi perhatian, karena di situ ada anggaran masyarakat yang digelontorkan.

Direktur Eksekutif Suara Masyarakat Sulawesi Tenggara (SMS), Darman memgungkapkan, di Kota Kendari Proyek APBD pekerjaan pengaspalan jalan yang terletak di Jalan Chairil Anwar atau Pusat Promosi dan Informasi Daerah (P2ID), sejak selesai dikerjakan tahun 2021 hingga kini tidak pernah mulus dan tampak masih rusak.

"Apalagi ini terjadi di hadapan kita semua dan tidak mau bertindak. Kenapa harus menunggu laporan masyarakat," ujarnya, Sabtu (4/2/2023).

Baca Juga: Terbaru, Pemecatan Guru Honorer di Kendari Bergulir ke DPR RI

Ia juga menduga kualitas aspal tidak sesuai standar dan dikerjakan asal-asalan. Lebih lanjut, standar proyek aspal seharusnya 5 tahun lalu boleh dilakukan pemeliharaan.

"Untuk itu Kejaksaan Tinggi maupun Polda Sulawesi Tenggara memanggil Kadis Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Kendari dan kontraktor proyek, untuk melakukan penyelidikan dan pemeriksaan terhadap siapapun yang diduga telah melakukan dugaan tidak pidana korupsi," tuturnya.

Ia juga mengaku bakal membuat laporan resmi ke polisi. Itu juga menjadi momentum Penjabat (Pj) Wali Kota Kendari, Asmawa Tosepu untuk mengevaluasi Dinas PUPR.

Baca Juga: Rumah dan Mobil Warga di Kota Kendari Hangus Terbakar

Sementara Kepala Bidang (Kabid) Bina Marga Dinas PUPR Kota Kendari, Abdul Malik

mengaku, masih rusaknya Jalan Chairil Anwar disebabkan belum adanya drainase atau saluran air.

"Sehingga saat hujan, air sering tergenang di badan jalan dan volume kendaraan yang lewat adalah kendaraan-kendaraan besar atau kontainer yang over loading," tuturnya. (B)

Penulis: La Ode Muhamad Alwi

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga