Dinkes Buteng Keciprat DAK Rp 15 Miliar

Mutarfin, telisik indonesia
Rabu, 06 Juli 2022
0 dilihat
Dinkes Buteng Keciprat DAK Rp 15 Miliar
Dinas Kesehatan Kabupaten Buton Tengah, tahun ini mendapatkan anggaran DAK Rp 15 miliar. Foto: Mutarfin/Telisik

" Tahun ini Dinas Kesehatan Buton Tengah mendapatkan DAK untuk pengembangan fasilitas kesehatan dan lain-lain "

BUTON TENGAH, TELISIK. ID - Dinas Kesehatan Kabupaten Buton Tengah, Provinsi Sulawesi Tenggara, tahun ini keciprat Dana Alokasi Khusus (DAK) sebesar Rp 15 miliar.

Plt Kabag Pengadaan Barang dan Jasa Sekretariat Daerah Kabupaten Buteng, Laode Syarif menyatakan bahwa tahun ini Dinas Kesehatan Buton Tengah mendapatkan DAK untuk pengembangan fasilitas kesehatan dan lain-lain.

"Ada beberapa dinas yang mendapat paket DAK di antaranya Dinas Kesehatan dua paket," jelasnya.

Selain itu, Kepala Dinas Kesehatan Buteng, Kasman, menjelaskan bahwa anggaran tersebut akan digunakan untuk membiayai perbaikan sarana-prasarana kesehatan, kebutuhan obat-obatan serta pembangunan sarana prasarana pelayanan obstetri neonatal emergensi dasar (poned).

Baca Juga: Pejabat di Muna Barat Tak Paham Etika Birokrasi

Baca Juga: Hari Otonomi Daerah Bakal Digelar di Konawe, Sekda Ungkap Alasannya

"Jadi anggaran kemarin itu termasuk operasional puskesmas, ya itu kewajiban pemerintah. Kemudian  untuk pembelanjaan obat yang wajib serta pengembangan rumah poned," ungkapnya, Rabu (6/7/2022).

Ia menambahkan, DAK untuk Dinas Kesehatan mendapat jatah dua paket untuk pembangunan gedung poned yakni Puskesmas Kecamatan Gu dan Puskesmas Kecamatan Mawasangka Tengah.

Masih kata Kasman, selain untuk pembangunan poned, Dinas Kesehatan Buton Tengah juga akan menggunakan dana tersebut untuk pengadaan mobil ambulans puskesmas yang nantinya bisa membantu dalam penanganan penurunan angka stunting di Buton Tengah.  (B)

Reporter: Mutarfin

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga