Dinkes Konawe Selatan Siapkan Call Center Permudah Pelayanan

Ashar Hamka, telisik indonesia
Rabu, 01 November 2023
0 dilihat
Dinkes Konawe Selatan Siapkan Call Center Permudah Pelayanan
Wilayah Kabupaten Konawe Selatan yang begitu luas, membutuhkan banyaknya tenaga tenaga kesehatan dan fasilitas kesehatan. Foto: Ist.

" Dinas Kesehatan Kabupaten Konawe Selatan bakal menerapkan layanan call center dalam penerbitan rekomendasi izin usaha dan izin praktik bidang kesehatan "

KONAWE SELATAN, TELISIK.ID - Dinas Kesehatan Kabupaten Konawe Selatan bakal menerapkan layanan call center. Langkah itu ditempuh untuk mengatasi permasalahan lambannya penerbitan rekomendasi izin usaha dan izin praktik bidang kesehatan yang terjadi di daerah pimpinan Bupati Surunuddin Dangga ini.

Kepala Dinas Kesehatan, Boni L. Pramana mengungkapkan, penerapan layanan call center berakronim Dinkes Hebat, yaitu Dinas Kesehatan Hormat dan Sopan, Edukasi dan Efektif, Bebas Biaya, Amanah dan Taat Peraturan.

Dikatakan, sejatinya telah hadir aplikasi Sicantik Cloud guna mempermudah perizinan berusaha mulai dari masyarakat hingga pemerintah. Dimana, aplikasi tersebut bakal terintegrasi penuh secara nasional dengan melibatkan stakeholder terkait seperti pemda di 34 provinsi, pemda di 514 kota/kabupaten, kementerian/lembaga, dan instansi terkait.

Baca Juga: Tekan dan Stabilkan Harga, Pemda Konawe Selatan Gelar Operasi Pasar Murah

Kendati demikian, sejak bulan Juli 2023, pihaknya menggunakan aplikasi ini. Masih menemukan beberapa kendala teknis khususnya pada bidang kesehatan. Di antaranya, sistem pencatatan, pelaporan dan pemantauan surat izin praktik (SIP) tenaga kesehatan dan izin usaha bidang kesehatan di Kabupaten Konawe Selatan selama ini tidak terlaksana dengan optimal, sehingga banyak dari profesi kesehatan tidak memiliki legalitas dalam menerapkan keilmuannya di bidang pelayanan kesehatan.

Juga banyaknya keluhan tenaga kesehatan dan masyarakat yang ingin mengurus perizinan bidang kesehatan, karena penggunaan aplikasi yang masih baru dan terkendala di Informasi yang didapatkan dan penginputan berkas pada aplikasi yang ada.

Mantan Direktur RSUD Konawe Selatan ini menyebutkan, saat ini Konawe Selatan baru memiliki tenaga kesehatan kurang lebih 500 orang. Apotek berjumlah 40 unit, serta 173 Izin Industri Rumah Tangga Pangan (IRTP).

“Berangkat untuk mengatasi permasalahan lambannya penerbitan rekomendasi izin usaha dan izin praktik bidang kesehatan yang terjadi di Kabupaten Konawe Selatan, maka kami sedikit berinovasi,“ ungkap Boni L. Pramana, saat launching Call Center Dinkes Hebat, Rabu (1/11/2023).

Sementara itu, Kepala Bidang Farmasi dan Alkes Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Tenggara, Afiat, berharap hadirnya layanan call center bakal menjadi suatu wadah yang akan menjadi ruang pengaduan. Pemberi informasi dan bantuan bagi para tenaga kesehatan yang akan mengurus rekomendasi surat izin praktik dan masyarakat yang mengurus rekomendasi izin usaha bidang kesehatan.

Baca Juga: Fasilitas dan Bangunan Sekolah MTs Sirajul Munir Konawe Selatan Memprihatinkan

“Ini langkah yang sangat bagus," tutur Afiat.

Kepala Puskesmas Andoolo, Zulkarnain, menyambut baik hadirnya layanan call center Dinkes Hebat, mengingat jalur koordinasi bakal semakin singkat dan cepat. Sehingga memudahkan masyarakat dalam mendapatkan informasi.

“Layanan ini sangat membantu memotong jalur koordinasi yang rumit. Terkhusus dalam penerbitan rekomendasi izin usaha bagi pelaku usaha bidang kesehatan dan rekomendasi surat izin praktik bagi tenaga kesehatan. Jadi call center ini sangat memudahkan sekali dalam mendapatkan informasi,“ ujar Zulkarnain. (A-Adv)

Penulis; Ashar Hamka

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga