Hadiri Penanaman Mangrove, Ini Harapan Sekda Konawe untuk Warga Pesisir

Aris Syam, telisik indonesia
Selasa, 05 April 2022
0 dilihat
Hadiri Penanaman Mangrove, Ini Harapan Sekda Konawe untuk Warga Pesisir
Sekretaris Daerah (Sekda) Konawe Ferdinan Sapan saat menghadiri kegiatan penanaman nangrove di Soropia. Foto: Ist

" Sekretaris Daerah (Sekda) Konawe, Ferdinan Sapan berharap dengan adanya penanaman mangrove dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat yang tinggal di daerah pesisir "

KONAWE,TELISIK.ID - Sekretaris Daerah (Sekda) Konawe, Ferdinan Sapan berharap dengan adanya penanaman mangrove dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat yang tinggal di daerah pesisir.

Hal itu diungkapkan Ferdinan Sapan saat menghadiri kegiatan penanaman mangrove yang digelar oleh Fakultas Kehutanan dan Ilmu Lingkungan Universitas Halu Oleo (UHO) dalam rangka memperingati Hari Bumi Sedunia bertempat di Desa Tapulaga, kecamatan Soropia, Kabupaten Konawe, Selasa (5/4/2022).

Ferdinan bilang, sesuai dengan tema yang diangkat dalam kegiatan itu "Gerakan Seribu Bibit, Sejuta Manfaat untuk Pesisir Sulawesi Tenggara", sekiranya dapat menjaga ekosistem yang ada di laut serta membangkitkan aktivitas dan menumbuhkan nilai ekonomi masyarakat pesisir.

Terlebih lagi, lanjut Ferdinan, dari hasil kajian yang telah dilakukan, angka stunting di wilayah pesisir itu terbilang cukup tinggi, dikarenakan nilai protein yang dikonsumsi masyarakat pesisir cukup rendah meskipun hasil ikan yang diperoleh itu cukup besar.

"Sementara ikan yang nilai proteinnya tinggi itu mereka jual, sehingga yang di konsumsi masyarakat pesisir itu adalah ikan yang proteinnya rendah," jelasnya.

Baca Juga: Tiga Hari Puasa, Pedagang di Konsel Masih Minim Omset

Jendral ASN Konawe itu menambahkan, sehubungan dengan kegiatan tersebut, pihaknya juga menginginkan dukungan dan suport serta kerjasama dari semua pihak UHO terutama Fakultas Perikanan agar dapat mengedukasi masyarakat di pesisir itu dalam menjaga ekosistem di laut.

"Tak lupa Pemerintah Kabupaten Konawe mengucapkan terimakasih kepada FHIL UHO, atas kegiatan yang diselenggarakan di Desa Tapulaga Kecamatan Soropia Kabupaten Konawe," pungkasnya.

Baca Juga: Pilkades Serentak di Muna Disepakati Oktober

Turut Hadir dalam kegiatan itu, Kadis Lingkungan Hidup Kabupaten Konawe Herianto Wahab, Camat Tapulaga, Kepala Desa Tapulaga, Perwakilan PT Antam.

Kemudian, Kasrem 143 Halu Oleo, Pembantu Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Alumni UHO Kendari, Nur Arafah, Dekan FHIL UHO Prof. Aminuddin Mane Kandari, Peserta dan sejumlah tamu undangan. (C-Adv)

Reporter: Aris Syam

Editor: Kardin

Artikel Terkait
Baca Juga