Pemda Kolaka Timur Latih Kepala Sekolah Perencanaan Berbasis Data

Sigit Purnomo, telisik indonesia
Rabu, 15 Februari 2023
0 dilihat
Pemda Kolaka Timur Latih Kepala Sekolah Perencanaan Berbasis Data
Seluruh peserta pelatihan perencanaan berbasis data untuk kepala sekolah Foto: Sigit Purnomo/Telisik

" Ratusan Kepala Sekolah (KS) di Kolaka Timur, turut mengikuti coaching clinic perencanaan berbasis data satuan pendidikan yang terdiri dari 126 jenjang pendidikan anak usia dini (PAUD), 140 sekolah Dasar (SD), dan 41 kepala sekolah menengah pertama (SMP), di Aula Pemda Kolaka Timur "

KOLAKA TIMUR, TELISIK.ID - Ratusan Kepala Sekolah (KS) di Kolaka Timur, turut mengikuti coaching clinic perencanaan berbasis data satuan pendidikan yang terdiri dari 126 jenjang pendidikan anak usia dini (PAUD), 140 sekolah Dasar (SD), dan 41 kepala sekolah menengah pertama (SMP), di Aula Pemda Kolaka Timur, Rabu (15/2/2023).

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kolaka Timur, Herman Amin L menyampaikan, forum itu diadakan dalam rangka pelaksanaan kegiatan coaching clinic atau pelatihan terkait perencanaan berbasis data satuan pendidikan.

“Kegiatan ini dalam rangka mengimplementasikan kurikulum merdeka belajar pada pendidikan di Kabupaten Kolaka Timur,” ujarnya.

Baca Juga: Kepala Desa Terpilih di Kolaka Timur Tuntas Dilantik

Herman juga mengungkap pelatihan oleh seluruh kepala sekolah ini akan berlangsung mulai 13-24 Februari 2023, dengan harapan dapat meningkatkan kualitas program kerja dan kegiatan pada masing-masing satuan pendidikan.

Sekda Kolaka Timur, saat membuka kegiatan pelatihan berbasis data untuk kepala sekolah.Foto: Sigit Purnomo/Telisik

 

“Kami berharap dengan adanya implementasi perencanaan berbasis data ini, dapat meningkatkan efektivitas pengelolaan dana BOS dan BOP agar lebih tepat sasaran,” harapnya.

Sementara itu, Sekda Kolaka Timur, Andi Muhammad Iqbal Tongasa mengatakan, sesuai arahan Plt bupati, para kepala sekolah bisa bersinergi dan bekerja sama, serta bertukar pikiran dalam rangka pengembangan kapasitas sekolah.

“Diknas sebagai leading sektor bisa menyelesaikan segala persoalan yang ada di lingkungan sekolah,” ujarnya.

Menurutnya, anggaran yang dibantukan sesuai dengan amanah Undang-Undang, betul-betul tersalurkan untuk kepentingan sekolah itu sendiri.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kolaka Timur, Herman Amin L saat memberikannya sambutan coaching clinic.Foto: Sigit Purnomo/Telisik

 

“Kita harapkan ada peningkatan kapasitas, karena setiap saat ada peningkatan ilmu, metode dan cara, sehingga para kepala sekolah dapat menyesuaikan,” tutupnya.

Baca Juga: Sejumlah Tambang Pasir Diduga Ilegal di Kolaka Timur Disegel

Sekda Kolaka Timur juga menyampaikan, jika pemerintah daerah sangat mendukung penuh program-program kebijakan Kemendikbud dan Ristek RI dalam rangka pemajuan pendidikan di Indonesia, seperti kegiatan itu.

“Kepada seluruh kepala sekolah, kami sangat berharap agar dapat bersinergi bersama Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, untuk melahirkan program dan kegiatan yang berkualitas berdasarkan perencanaan yang matang dan terarah,” ucap Sekda.

Dikatakannya, coaching clinik seperti ini, dapat dijadikan sebagai momentum untuk meningkatkan semangat serta komitmen Bersama, guna memajukan pendidikan di Kolaka Timur ini. (B-Adv)

Penulis: Sigit Purnomo

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga