Disebut Rawan Konflik, Endang Yakin Warga Konsel Percaya MK

Musdar, telisik indonesia
Kamis, 21 Januari 2021
0 dilihat
Disebut Rawan Konflik, Endang Yakin Warga Konsel Percaya MK
Calon Bupati Konsel, Muh Endang. Foto: Ist.

" Tapi walaupun itu tetap saya himbau pendukung EWAKO untuk tenang kita percayakan pada hukum. Walaupun terus terang saya mendapat aspirasi, ayo kita demo, kita duduki KPU, Bawaslu. Tapi sebagai salah satu warga Konsel kita harus menjaga, jangan ada konflik, saya juga yakin senior saya, Surunuddin dan pendukungnya akan seperti itu. "

KENDARI, TELISIK.ID - Calon Bupati Konawe Selatan (Konsel), Muh Endang menyakini masyarakat Konsel akan tetap mempercayakan hukum untuk menyelesaikan persoalan yang terjadi di Pilkada 2020.

"Terkhusus pendukung Endang-Wahyu (EWAKO)," kata Endang, Kamis (21/1/2021).

Hal itu disampaikan Endang, menyusul pernyataan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) RI, Tito Karnavian yang menyebut Konsel salah satu daerah yang rawan gangguan konvensional atau konflik antar pendukung.

Perkiraan Eks Kapolri itu disebabkan perolehan suara antar paslon di Konsel hanya selisih di bawah 3 persen.

Diketahui, paslon EWAKO yang mengajukan Perselisihan Hasil Pemilihan (PHP) di Mahmakah Konstitusi (MK) kalah dari paslon Surunuddin-Rasyid (SUARA) dengan selisih 1,5 persen suara.

Baca juga: Ditetapkan Terpilih, Arus Muda SBM Koltim Siap Kawal Pemerintahan

Bergulirnya kasus Pilkada Konsel hingga di MK, kata Endang, untuk memberikan pendidikan hukum dan pendidikan politik kepada masyarakat.

"Daripada jor joran di jalan," ungkapnya.

Oleh karena itu, Endang meminta pendukung EWAKO tetap mempercayakan persoalan Pilkada Konsel kepada MK sebagai benteng terakhir untuk mencari keadilan.

Meskipun sangat jelas, bagaimana saat tahapan Pilkada berlangsung, ia diserang black campaign (kampanye hitam).

"Tapi walaupun itu tetap saya himbau pendukung EWAKO untuk tenang kita percayakan pada hukum. Walaupun terus terang saya mendapat aspirasi, ayo kita demo, kita duduki KPU, Bawaslu. Tapi sebagai salah satu warga Konsel kita harus menjaga, jangan ada konflik, saya juga yakin senior saya, Surunuddin dan pendukungnya akan seperti itu," tutup Endang. (B)

Reporter: Musdar

Editor: Fitrah Nugraha

TAG:
Baca Juga