Dishub Sulawesi Tenggara Perkuat Kemajuan Pelabuhan Singgah Tol Laut

Erni Yanti, telisik indonesia
Selasa, 12 Desember 2023
0 dilihat
Dishub Sulawesi Tenggara Perkuat Kemajuan Pelabuhan Singgah Tol Laut
Dishub Sulawesi Tenggara komitmen memajukan pelabuhan singgah tol laut: Foto: Repro Kompas.com

" Dinas Perhubungan (Dishub) Sulawesi Tenggara terus berkomitmen memajukan sektor transportasi, khususnya jalur laut "

KENDARI, TELISIK.ID - Dinas Perhubungan (Dishub) Sulawesi Tenggara terus berkomitmen memajukan sektor transportasi, khususnya jalur laut. Belum lama ini Dishub Sulawesi Tenggara bersama para stakeholder Perhubungan menggelar rapat teknis terkait pelabuhan singgah tol laut.

Dalam rapat tersebut, Kepala Dinas Perhubungan Sulawesi Tenggara, Muhamad Rajulan mengatakan, sangat penting dalam rangka menunjang pendistribusian barang dan pengembangan ekonomi.

Hal itu juga untuk menurunkan disparitas harga antara wilayah Indonesia bagian barat, tengah dan timur.

"Untuk menunjang hal itu, diperlukan pelayanan yang berkesinambungan tetap dan teratur melalui penyelenggaraan angkutan barang," kata Rajulan beberapa waktu lalu.

Dirinya berharap dengan perubahan jalur ini, dapat memberikan kemudahan bagi masyarakat, baik umum maupun yang bergerak di bidang usaha perikanan.

Baca Juga: Sinkronisasi Sektor Perhubungan Belum Terealisasi, Dishub Sulawesi Tenggara Bangun Sinergitas di Daerah

"Sehingga pergerakan arus barang lebih lancar," ujarnya.

Rajulan menyampaikan, untuk di 2023, pihaknya telah menjalankan programnya, kemudian kontrak MoU dengan pusat. Jadi tinggal dilakukan evaluasi untuk perbaikan-perbaikan di 2024.

Kepala Dinas Perhubungan Sulawesi Tenggara, Muhamad Rajulan, menyampiakan bahwa tol laut menunjang pendistribusian barang dan pengembangan ekonomi. Foto: Repro Antara

 

Dengan rapat teknis beberapa waktu lalu, diharapkan dukungan dari kabupaten/kota terkait data-data potensi ekonomi di setiap pelabuhan singgah.

Baca Juga: Kadishub Sulawesi Tenggara Ingatkan Netralitas ASN di Pemilu 2024

"Apalagi saat ini ada aturan baru terkait kesesuaian RTRW kabupaten/kota maupun provinsi," katanya.

Dilansir dari, dephub.go.id, Program Tol Laut merupakan salah satu program strategis yang bertujuan untuk melancarkan distribusi logistik antar wilayah dan menjamin ketersediaan bahan kebutuhan pokok dan penting di daerah 3TP, sehingga diharapkan dapat mengurangi disparitas harga barang antar wilayah di Indonesia.

Menhub mengungkapkan, berbagai upaya inovasi untuk meningkatkan kinerja tol laut telah dilakukan. Di antaranya yaitu digitalisasi layanan melalui aplikasi SITOLAUT dan juga pengembangan pola trayek Tol Laut yang efektif dan efisien menggunakan pola hub and spoke, titip container, dan titip muatan, yang mengikutsertakan pelayaran swasta nasional. (B-Adv)

Penulis: Erni Yanti

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga