Dispar Gelar Rakor Pengembangan Pemasaran dan Pariwisata Sulawesi Tenggara

Wa Ode Ria Ika Hasana, telisik indonesia
Jumat, 09 Juni 2023
0 dilihat
Dispar Gelar Rakor Pengembangan Pemasaran dan Pariwisata Sulawesi Tenggara
Rapat koordinasi (rakor) pengembangan pemasaran pariwisata se-Sulawesi Tenggara, guna mengembangkan pemasaran dan pariwisata seluruh kabupaten/kota. Foto: Wa Ode Ria Ika Hasana/Telisik

" Dinas Pariwisata Sulawesi Tenggara menggelar rapat koordinasi (rakor) pengembangan pemasaran pariwisata kabupaten/kota se Sulawesi Tenggara, guna mengembangkan pemasaran dan pariwisata seluruh kabupaten/kota "

KENDARI, TELISIK.ID - Dinas Pariwisata Sulawesi Tenggara menggelar rapat koordinasi (rakor) pengembangan pemasaran pariwisata kabupaten/kota se Sulawesi Tenggara, guna mengembangkan pemasaran dan pariwisata seluruh kabupaten/kota.

Rapat koordinasi itu mengangkat tema bergerak bersama sukseskan gerakan nasional banggga buatan Indonesia/bangga berwisata Indonesia di Sulawesi Tenggara, yang dihadiri oleh Direktur Pemasaran Pariwisata Nusantara Kementerian Pariwisata, Dwi Marhen Yonk, Kepala Dinas (Kadis) Pariwisata Sulawesi Tenggara, Belli, para kepala bidang dan seluruh kepala dinas serta kepala bidang pariwisata kabupaten/kota di Sulawesi Tenggara.  

Dari pantauan Telisik.id, rapat berlangsung baik dengan para kadis dan kabid yang saling bertukar informasi dan diskusi yang dipimpin oleh moderator Kabid Pemasaran, Andi Syahrir dan Kabid Ekonomi Kreatif dan Kabid Destinasi dan Industri Pariwisata sebagai pembawa materi.

Baca Juga: Dispar Target PAD Dua Objek Wisata di Kolaka Utara Rp 250 Juta Tahun Ini

Kepala Bidang Ekonomi Kreatif Sulawesi Tenggara, Syamsinar dalam pemaparan materinya menjelaskan, pembuatan aplikasi pengembangan data ekonomi kreatif yang diharapkan melalui aplikasi ini, akan tercipta data-data yang akurat dari seluruh kadis kabupaten/kota.

"Saya berharap, teman-teman dari seluruh kabupaten/kota dapat bersama-sama dengan kami untuk mengelola aplikasi ini, sehingga melalui data-data itu bisa digunakan untuk mengembangkan ekonomi kreatif di masing-masing daerah," ujar Saymsinar, Jumat (9/6/2023).

Dia menjelaskan, langkah dalam pengembangan ekonomi kreatif dimulai dari penguatan data, karena kebijakan tidak bisa diambil jika data tidak akurat dan kebijakan harus dilandasi dengan riset, serta penguatan kapasitas UMKM yang ada.

Baca Juga: Dispar Kolaka Utara Fokus Kembangkan Objek Wisata Pantai Berova

Sementara itu, Kabid Pengembangan Destinasi dan Industri Pariwisata, Muh Ammarie Amrin mengatakan, ada beberapa isu strategis daerah, kriteria pemilihan lokasi prioritas destinasi pariwisata prioritas dan destinasi pariwisata pengembangan, dan wisatawan nusantara dan jenis kegiatan atraksi di Sulawesi Tenggara.

"Pemanfaatan teknologi informasi dan media sosial untuk pengembangan promosi pariwisata karena jika diketahui Sulawesi Tenggara memiliki potensi wisata yang cukup banyak," ujarnya. (B-Adv)

Penulis: Wa Ode Ria Ika Hasana

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga