Dituding Bangun Dinasti Politik, Ridwan: Jangan Seenaknya Menuduh

Sunaryo, telisik indonesia
Jumat, 16 Oktober 2020
0 dilihat
Dituding Bangun Dinasti Politik, Ridwan: Jangan Seenaknya Menuduh
Mantan Bupati Muna, Ridwan Bae bersama LM Rusman Emba. Foto: Sunaryo/Telisik

" Saya muak dengarnya, karena menuduh orang dengan seenak perutnya hanya untuk memuaskan birahi kekuasaan. "

MUNA, TELISIK.ID - Bergabungnya dua mantan Bupati Muna, Ridwan Bae dan LM Baharuddin membuat pasangan Calon Bupati-Wakil Bupati Muna nomor urut 1, LM Rusman Emba-Bachrun Labuta diserang isu ingin membangun dinasti politik oleh pesaingnya.

Setiap kampanye, isu itu terus diteriakkan pesaingnya. Bahasanya, Ridwan Bae memimpin Bumi Sowite 10 tahun. Kemudian, Baharuddin lima tahun, Rusman Lima tahun menuju dua periode. Nantinya,  bila Rusman terpilih dan selesai menjabat, maka akan dilanjutkan oleh keluarga mereka lagi.

Ridwan Bae yang mengetahui hal itu, mengaku muak. Menurutnya, membangun dinasti itu, ketika bupati ditunjuk oleh keluarga sendiri. Sedangkan bila dipilih oleh rakyat dimana bentuk dinastinya.

"Saya muak dengarnya, karena menuduh orang dengan seenak perutnya hanya untuk memuaskan birahi kekuasaan," kata Ridwan, Jumat (16/10/2020).

Wakil Ketua Komisi V DPR RI itu menerangkan, tuduhan-tuduhan seperti itu tandanya tidak cerdas berpikir dan bukan ciri seorang pemimpin, melainkan pantas disebut diktator.

Baca juga: KPU Wakatobi Tetapkan Jumlah Pemilih Pilkada 2020

"Mereka itu tidak layak memimpin Muna, karena rakyat sudah cerdas dan tidak suka pemimpin penindas alias ortodoks," tegasnya.  

LM Baharuddin menegaskan, tudingan itu sangat tidak berdasar. Ia mendukung Rusman, karena diyakini bisa memajukan pembangunan di Bumi Sowite. Ia tak menafikan, menjadi petahana, apa yang  telah dilakukan tidak berarti dan sempurna bagi pesaing. Sehingga, apa yang belum dilakukan petahana dijadikan janji oleh pesaing. Padahal itu sudah direncakan oleh petahana.

"Isu membangun dinasti politik itu bentuk kepanikan. Jadi tidak usah percaya. Saya mendukung Rusman agar Muna bisa lebih baik lagi ke depan," ujarnya.

Sementara itu, LM Rusman Emba menegaskan, tudingan dirinya bersama Ridwan Bae dan Baharuddin ingin membangun dinasti itu bohong alias hoax. Justru, pesaingnya itu yang membentuk dinasti dengan memaksakan saudaranya sebagai ketua DPRD di daerah tetangga.

"Jadi jangan percaya itu. Semua pembohongan. Saya bersama Pak Ridwan dan Baharuddin bersama-sama memikirkan Muna untuk maju dan masyarakat bisa sejahtera," pungkasnya. (A)

Reporter: Sunaryo

Editor: Haerani Hambali

TAG:
Baca Juga