DLH Konawe Minta Kesadaran Warga Buang Sampah pada Tempatnya

Aris Syam, telisik indonesia
Kamis, 10 Maret 2022
0 dilihat
DLH Konawe Minta Kesadaran Warga Buang Sampah pada Tempatnya
Nampak sampah berserakan di luar bak sampah. Foto: Aris Syam/Telisik

" Keberadaan bak sampah atau TPS yang ada di sekitar lingkungan masyarakat harus benar-benar difungsikan sebagaimana mestinya "

KONAWE, TELISIK.ID - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Konawe terus mengajak masyarakat untuk membuang sampah pada tempat-tempat yang telah ditentukan atau bak sampah.

Sebagimana disampaikan Kadis DLH Konawe, Herianto Wahab, jika keberadaan bak sampah atau TPS yang ada di sekitar lingkungan masyarakat harus benar-benar difungsikan sebagaimana mestinya.

"Dengan adanya bak sampah, itu sebagai tanda bahwa di situ tempat membuang sampah, bukan tempat lain," jelasnya, Kamis (10/3/2022).

Namun kenyataan di lingkungan masyarakat kata Herianto, masih banyak ditemukan bak sampah tidak digunakan secara efektif, masyarakat membuang sampah di luar bak yang mengakibatkan sampah berserakan di jalan, sehingga menimbulkan bau yang tidak sedap dan pemandangan tidak bagus.

"Ini menunjukan jika kesadaran masyarakat masih kurang, terutama dalam hal membuang sampah bukan pada tempatnya," jelasnya.

Baca Juga: Warga Kendari Keluhkan Tumpukan Sampah Hingga Pembangunan BTN ke Anggota Dewan

Herianto berpesan, sebagai warga Indonesia yang baik, tentunya berkewajiban menjaga kebersihan lingkungan agar terlihat bersih dan indah, terutama kesadaran dari masyarakat menjaga kebersihan di tempat pembuangan sampah.

"Jika kita menjaga kebersihan, kan efeknya akan positif untuk kesehatan kita dan juga orang di sekeliling kita," ucapnya.

Senada, Sekretaris DLH Konawe, Agus Sali menyampaikan, untuk memberikan kesadaran kepada masyarakat agar menjaga kebersihan area tempat pembuangan sampah, pihaknya telah memberitahu kepada pemerintah setempat agar mensosialisasikan kepada warganya.

Baca Juga: Petugas Kebersihan Keluhkan Masyarakat Masih Buang Sampah Sembarangan

"Peran dari camat atau lurah sangat kita butuhkan untuk sosialisasi ini, karena mereka yang dekat dengan warganya," katanya.

Ia  juga menambahkan, jika kesadaran masyarakat tinggi dalam hal ini, juga dapat membantu dan meringankan sedikit pekerjaan dari para petugas kebersihan kita.

"Jika sampah itu berada di bak sampah, ini memudahkan petugas untuk mengangkut, tapi jika di luar dan berserakan, ini juga menyulitkan petugas kami dan otomatis butuh waktu lama juga," tandasnya. (B)

Reporter: Aris Syam

Editor: Kardin

Artikel Terkait
Baca Juga