Vaksinasi COVID-19 di Bombana Sasar Lansia

Hir Abrianto, telisik indonesia
Rabu, 12 Januari 2022
0 dilihat
Vaksinasi COVID-19 di Bombana Sasar Lansia
Pelaksanaan vaksinasi di Kecamatan Kabaena Barat, Bombana. Foto: Ist.

" Warga lansia di Bombana telah tervaksin 50,32 persen dari yang ditargetkan "

BOMBANA, TELISIK.ID - Pemerintah Kabupaten Bombana kembali menggelar pekan vaksinasi COVID-19, kali ini menyasar masyarakat lanjut usia.

Darwin, Kepala Dinas Kesehatan Bombana menyebutkan, untuk masyarakat lansia di Bombana telah tervaksin 50,32 persen dari yang ditargetkan.

Sementara untuk secara keseluruhan, capaian vaksinasi di Bombana telah mencapai 77 persen.

"Dalam pekan ini, kami laksanakan vaksinasi COVID-19 dengan sasaran masyarakat lanjut usia," ujar Darwin, Rabu (12/1/2022).

Vaksinasi terhadap lanjut usia, tambahnya, perlu perlakuan khusus, mengingat fisik mereka sangat sensitif atau rentan.

Jika ada lansia yang memilki riwayat sakit, maka segerakan dirujuk ke RSUD untuk diperiksa dan ditangani oleh dokter spesialis.

"Untuk rekan-rekan vaksinator di lapangan, jangan ambil risiko. Jika ada warga yang memiliki riwayat sakit, serahkan kepada dokter spesialis supaya didiagnosa dan diberikan perawatan," tuturnya.

Baca Juga: Pemkab Muna Siapkan Lahan, KPDTT Siap Bangun Gedung Islamic Center di Mutiara

Terpisah, Direktur RSUD Bombana, Riswanto mengungkapkan, guna menyukseskan program vaksinasi, pihaknya bakal selalu siap menyiapkan faskes dan dokter spesialis.

"Jika ada yang dirujuk kesini (RSUD), dokter akan lakukan pemeriksaan. Dari hasil pemeriksaan kesehatan akan dikeluarkan rekomendasi boleh dan tidaknya mengikuti vaksinasi," pungkasnya.

Dilansir dari akun resmi YouTube Sekretariat Presiden, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan, program vaksin booster akan dilaksanakan mulai Rabu 12 Januari 2022 dan pemberiannya akan diprioritaskan untuk kelompok lansia dan kelompok rentan.

Baca Juga: Truk Bermuatan Semen 170 Sak Kecelakaan di Tanjakan Desa Pongkowulu Butur

“Upaya ini penting untuk meningkatkan kekebalan tubuh masyarakat mengingat virus COVID-19 yang akan terus bermutasi. Oleh sebab itu saya telah memutuskan pemberian vaksinasi secara gratis bagi seluruh masyarakat Indonesia yakni lansia dan kelompok rentan,” kata Jokowi melalui konferensi pers virtual, dikutip melalui YouTube Sekretariat Presiden. (B)

Reporter: Hir Abrianto

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga