Petugas Kebersihan Keluhkan Masyarakat Masih Buang Sampah Sembarangan

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Sabtu, 05 Maret 2022
0 dilihat
Petugas Kebersihan Keluhkan Masyarakat Masih Buang Sampah Sembarangan
Petugas kebersihan yang sedang mengangkut sampah untuk dibuang ke bak penampungan sampah. Foto: Nur Khumairah Sholeha Hasan/Telisik

" Petugas kebersihan Kecamatan Konda keluhkan masyarakat yang buang sampah bukan pada bak sampah yang disediakan "

KENDARI, TELISIK.ID - Petugas kebersihan Kecamatan Konda keluhkan masyarakat yang buang sampah bukan pada bak sampah yang disediakan. Bak sampah tersebut berada di sekitar Jalan Poros Pasar Sentral Ranomeeto Kabupaten Konawe Selatan (Konsel).

Salah seorang petugas kebersihan, Kadir mengeluhkan, jika masyarakat sekitar masih buang sampah di luar bak penampungan sampah.

Meski telah disediakan bak penampungan sampah, tak sedikit pula masyarakat yang masih membuang sampah di luar area yang sudah disediakan.

"Ini kita lakukan dua kali sehari pagi dan sore dibersihkan. Sudah ada bak sampahnya tapi masih juga banyak yang buang di luar bak sampah," ujarnya pada Telisik.id, Sabtu (5/3/2022).  

Selain membersihkan secara rutin, petugas kebersihan yang berada di lapangan juga mengatakan, kurangnya masyarakat yang membuang sampah pada tempatnya, padahal bak sampah telah tersedia.

"Banyak yang buang sampah di luar bak, jadi kita lagi yang repot. Memang kita yang kerja, tapi tolong juga kesadarannya," ucap petugas kebersihan lainnya, Yasin.

Baca Juga: Masa Jabatan Bupati-Wabup Muna Masih Tanda Tanya

Dia mengatakan, hal ini masih belum seberapa, lebih parah kalau musim hujan, selain menumpuk, juga mengeluarkan bau busuk disertai dengan belatung yang banyak.

"Kita di sini ini, sudah menghimbau juga pada masyarakat, kalau kita temui pas kerja lagi sementara buang, kasi tau baik-baik, tolong buang di baknya," katanya.

Selain itu, saat ditanya perihal bak sampah, Koordinator Petugas Kebersihan, Darmawati mengatakan, sudah menghimbau pada masing-masing Ketua RT setempat untuk tidak membuang sampah sembarangan.

Baca Juga: Perlengkapan dan Kemudahan BLUD RS Konawe, Warga Bisa Periksa Gratis

"Saya sudah sampaikan sama pihak RT di sini. Tolong Pak, beritahu warganya kalau buang sampah, buang di dalam baknya bukan di luar bak," ungkapnya.

Meski begitu dari pantauan Telisik.id, terdapat beberapa masyarakat yang buang di dalam bak sampah. Namun sebagian besar terutama pengendara motor saat berkendara langsung membuang ke sekitaran bak, bukan di dalam tempat penampungan. (A)

Reporter: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Kardin

Artikel Terkait
Baca Juga