DLH Sultra Ajak Pelaku Usaha Terlibat Aktif Jaga Lingkungan

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Rabu, 27 Juli 2022
0 dilihat
DLH Sultra Ajak Pelaku Usaha Terlibat Aktif Jaga Lingkungan
DLH Sultra ajak pelaku usaha jaga kelestarian lingkungan. Foto: Dok. Telisik.

" Dinas LIngkungan Hidup (DLH) Sulawesi Tenggara (Sultra) mengimbau untuk bersama-sama menjaga kebersihan lingkungan "

KENDARI, TELISIK.ID - Dinas LIngkungan Hidup (DLH) Sulawesi Tenggara (Sultra) mengimbau untuk bersama-sama menjaga kebersihan lingkungan. Sebab bukan hanya tugas pemerintah, namun juga seluruh masyarakat, termasuk para pelaku usaha.

Pelaku usaha ini bukan hanya usaha yang bergerak di bidang industri yang berpotensi menghasilkan banyak limbah, tetapi semua bidang usaha harus ikut serta menjaga kebersihan lingkungan.

Olehnya itu, DLH Sultra terus mensosialisasikan program sadar lingkungan di berbagai tempat. Sebab targetnya bukan hanya masyarakat, tetapi juga para pelaku usaha bisa terlibat aktif menjaga kelestarian dan kebersihan lingkungan.

Plt Kepala DLH Sultra, Ir. H. Ansar, M.Si mengatakan, pemerintah selalu melakukan sosialisasi mengenai sadar lingkungan di berbagai tempat, termasuk di lokasi kegiatan usaha seperti tempat wisata dan lainnya.

Olehnya itu, DLH Sultra senantiasa mengingatkan kepada pengelola usaha untuk menyediakan fasilitas berupa tempat sampah, baik itu organik dan non organik.

Baca Juga: Jelang BBM Naik, Antrian Panjang Terjadi di Sejumlah SPBU Kendari

"Tindakan peduli terhadap lingkungan dapat kita lakukan dengan berbagai hal. Salah satunya adalah dengan mengelola sampah yang baik dan bijak," tutupnya.

Lebih lanjut, ia mengungkapkan, sejauh ini DLH Sultra sudah upayakan penyediaan tempat sampah di beberapa titik wisata. Hanya saja, upaya pengadaan tempat sampah itu tidak memberikan pengaruh besar terhadap peningkatan kesadaran masyarakat terhadap kebersihan lingkungan.

DLH Sultra melakukan edukasi dan pembinaan saat turun lapangan di lokasi usaha. Foto: Ist.

 

Sementara itu, Kepala Bidang (Kabid) Penataan dan Peningkatan Kapasitas DLH Sultra, Untung Ratu, ST. M.Si mengatakan, dalam melakukan pengawasan lingkungan di lokasi usaha, pihaknya selalu mengedepankan edukasi dan pembinaan Ketika ada pelaku usaha yang aktivitas usahanya tidak sesuai dengan dokumen izin lingkungannya.

Karena baginya, semua harus berjalan maksimal mulai dari kegiatan usaha hingga dampak lingkungan yang dihasilkan juga harus terjaga.

Baca Juga: Banyak Kasus Narkoba di Kalangan Pelajar, BNN Sasar Sekolah Dasar

Olehnya itu, sebelum turun ke lapangan pihaknya selalu mempelajari referensi terhadap kegiatan usaha yang akan didatangi. Sehingga tim DLH sudah tahu saat di lapangan apa yang ingin diawasi.

“Jadi kalau ada yang belum sesuai dengan dokumen lingkungannya, kita minta untuk lakukan perbaikan. Kalau ternyata tidak juga diperbaiki, baru kita berikan sanksi administrasi. Kalau pun juga belum diindahkan, baru kita berikan sanksi tegas terhadap perusahaan tersebut,” ujarnya.

Saat melakukan pengawasan di lapangan, seringkali melibatkan beberapa Pejabat Pengawas Lingkungan Hidup, diantaranya adalah Ibnu Hendro, ST, M.AP, Myrna Lesmana Serah, Se, M.AP, Hj. Merly SE, Yuliana Ulfah, S/Kel., M.Si dan pejabat lainnya. (B-Adv)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Kardin

TAG:
Baca Juga