DLHK Kendari Libatkan Warga Tanam dan Rawat Pohon di Median Jalan

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Sabtu, 30 Januari 2021
0 dilihat
DLHK Kendari Libatkan Warga Tanam dan Rawat Pohon di Median Jalan
Salah satu median jalan di Kota Kendari. Foto: Ist.

" Kepala Bidang Tata Lingkungan DLHK Kendari, Adi Jaya Purnama mengatakan, melibatkan warga masyarakat ini dalam rangka menumbuhkan rasa kepemilikan dan kepedulian terhadap lingkungan "

KENDARI, TELISIK.ID – Dalam setiap kegiatannya, Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Kendari selalu melibatkan warga masyarakat dan komunitas peduli lingkungan, salah satunya dalam menjaga dan merawat median jalan.

Kepala Bidang Tata Lingkungan DLHK Kendari, Adi Jaya Purnama mengatakan, melibatkan warga masyarakat ini dalam rangka menumbuhkan rasa kepemilikan dan kepedulian terhadap lingkungan.

Dimana, kata dia, keterlibatan masyarakat ini sudah sering dilakukan, seperti kegiatan penanaman pohon di median jalan. Dengan begitu, masyarakat akan ikut aktif dalam menjaga dan merawat tanaman di median jalan tersebut.

“Melibatkan warga masyarakat dalam kegiatan menanam pohon ini, bagian dari upaya kami untuk menumbuhkan rasa memiliki dan kepedulian agar bisa bersama-sama memperhatikan lingkungan kita, seperti tanaman yang ada di median jalan,” katanya kepada Telisik.id, belum lama ini.

Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang diperingati setiap tanggal 5 Juni misalnya, pihaknya melibatkan masyarakat setempat untuk ikut serta menanam pohon. Begitu pun juga kegiatan penanaman pohon yang akan dilakukan di median jalan yang ada di sepanjang jalan Abeli Dalam, Kecamatan Puuwatu, Kota Kendari, Sulawesi Tenggaran (Sultra).

Baca Juga: Mau Naik Pelni saat PPKM? Cek di Sini Syaratnya

Baca Juga: 60 Armada Bakal Efektif Tangani Masalah Sampah di Kendari

Sementara itu, Kepala DLHK Kendari, Nismawati mengungkapkan, untuk menjaga lingkingan memang tidak mudah dilakukan, sehingga tugas tersebut harusnya tidak hanya dilakukan oleh pemerintah saja, tapi bagaimana masyarakat juga sadar untuk bisa aktif menjaga lingkungannya.

“Semua elemen masyarakat mesti ikut menjaga lingkungan kota kita. Koordinasi dan kerjasama ini mesti dibangun pemerintah dan masyarakat, dengan kita saling koordinasi dan bekerjasama,” ujarnya. (B-Adv)

Reporter: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga