Kini, Layanan Pajak di Kendari Bisa Secara Online

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Kamis, 17 September 2020
0 dilihat
Kini, Layanan Pajak di Kendari Bisa Secara Online
Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir saat melaunching aplikasi Pajak Menyapa. Foto: Fitrah Nugraha/Telisik

" Jadi kami dari Bappenda menginisiasi membuat program yang disebut Pajak Menyapa. "

KENDARI, TELISIK.ID - Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari melalui Badan Pengelolaan Pendapatan Daerah (Bappenda) meluncurkan sistem pembayaran pajak secara online.

Hal ini ditandai dengan di-launching-nya sistem aplikasi Pajak Menyapa oleh Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir, pada Kamis (17/9/2020).

Kepala Bappenda Kendari, Sri Yusnita mengatakan, pelayanan berbasis teknologi ini sudah ada Perpresnya bahwa pemerintah harus melakukan pelayanan publik berbasis teknologi yang juga sesuai dengan visi Kota Kendari menuju kota layak huni.

"Jadi kami dari Bappenda menginisiasi membuat program yang disebut Pajak Menyapa," katanya.

Program ini, tambah dia, bertujuan untuk memberikan pelayanan pajak agar mudah diakses masyarakat dan lebih transparan. Di layanan yang sama, aplikasi ini juga menyiapkan layanan pembayaran pajak.

"Jadi semua layanan pajak bisa diakses oleh semua wajib pajak. Di mana pun dan kapan pun mereka berada. Makanya kami sebut Pajak Menyapa," tambahnya.

Di dalam portal Pajak Menyapa ini, terdapat beberapa aplikasi yang berkaitan dengan pajak, seperti PBB, BPDT dan bahkan pelaporan pajak SPTPD.

Baca juga: Kapolda Sultra Tak Kunjung Datang, Massa Aksi Mulai Rusak Akses Jalan

Ia berharap, di jangka menengah dan panjang layanan perpajakan sudah dapat diakses masyarakat melalui portal tersebut, karena upaya ini dilakukan oleh Pemkot dalam rangka meminimalisir adanya kebocoran pendapatan daerah karena tidak adanya lagi tatap muka.

"Di samping infrastruktur IT yang dikembangkan, pengembangan kompetisi SDM itu mutlak juga dilakukan," imbuhnya.

Senada dengan itu, Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir, mengapresiasi atas aplikasi yang digagas oleh Bappenda ini yakni Pajak Menyapa.

Dengan adanya pelayanan pajak yang berbasis teknologi ini masyarakat dapat mengaksesnya secara online.

Apalagi, kata dia, semangat Pemkot benar-benar ingin memberikan layanan publik yang optimal dan kepastian, sehingga pada akhirnya seluruh aktivitas di Pemkot pada prinsipnya layanan bisa dirasakan dan berkembang serta memberikan efek positif bagi masyarakat.

"Untuk menghadirkan layanan publik yang prima dibutuhkan kerja keras. Maka kami sangat berterima kasih atas pihak yang berperan atas peluncuran Pajak Menyapa ini," ungkapnya.

Reporter: Fitrah Nugraha

Editor: Kardin

Baca Juga