DLHK Kendari Segera Tanami Pohon Median Jalan Abeli Dalam

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Senin, 25 Januari 2021
0 dilihat
DLHK Kendari Segera Tanami Pohon Median Jalan Abeli Dalam
Jalan Abeli Dalam, Kecamatan Puuwatu, Kota Kendari. Foto: Ist.

" Median jalan yang ada di sepanjang jalan Kelurahan Abeli Dalam, Kecamatan Puuwatu, Kota Kendari, Sulawesi Tenggara, segera akan ditanami bunga dan pohon. "

KENDARI, TELISIK.ID – Median jalan yang ada di sepanjang jalan Kelurahan Abeli Dalam, Kecamatan Puuwatu, Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra), segera akan ditanami bunga dan pohon.

Hal tersebut disampaikan Kepala Bidang Tata Lingkungan DLHK Kendari, Adi Jaya Purnama. Menurutnya, Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari melalui Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK), terus melakukan penataan kota agar menjadi nyaman dan indah dipandang.

Salah satu yang dilakukan adalah menata ruang terbuka hijau (RTH), khususnya median jalan.

Dalam waktu dekat, kata dia, median jalan yang ada di sepanjang jalan Abeli Dalam akan ditanami bunga dan pohon. Dalam pelaksanaannya, pihak DLHK akan mengajak komunitas lingkungan dan warga setempat untuk terlibat dalam penanaman nantinya.

“Memang median jalan di Abeli Dalam kurang terawat. Nanti kami akan tanami lagi, dengan mengajak warga dan komunitas pecinta lingkungan. Hal ini dilakukan untuk menumbuhkan rasa memiliki bagi warga setempat,” katanya kepada Telisik.id, belum lama ini.

Baca juga: Dalam 4 Tahun, Luas RTH Kota Kendari Bertambah 40 Hektar

Baca juga: Ingin Bangun Perumahan? Jangan Lupa Siapkan Minimal 10 Persen RTH

Adapun panjang median jalan di Abeli Dalam itu kurang lebih 10 kilometer, dengan lebar 2 meter.

“Kalau melihat kondisi di sana mediannya cukup luas. Nanti rencananya kami menanam jenis pohon yang tidak begitu besar seperti pohon glodokan tiang dan sejenisnya. Namun tetap kami beri jarak untuk tanaman penunjangnya berupa bunga warga warni,” pungkasnya.

Rencananya, kegiatan penanaman pohon di median jalan Abeli Dalam tersebut bakal dilakukan dalam rangka peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia pada 17 Agustus atau pada hari Sumpah Pemuda pada bulan Oktober mendatang.

Sementara itu, salah seorang warga sekitar jalan Abeli Dalam Kota Kendari, Ramadhan mengatakan, jalan tembusan Puuwatu ke gerbang perbatasan Kota Kendari – Konawe Selatan tersebut memang kurang terawat.

Sehingga dengan adanya penanaman pohon dan tanaman di median jalan itu, kata dia, akan mempercantik jalan Abeli Dalam. Apalagi, sepanjang jalan sering dimanfaatkan masyarakat setempat untuk olahraga jogging.

“Bagus kalau ditanami pohon atau tanaman hias. Pasti jadi lebih indah. Di sana juga banyak masyarakat yang jogging saat pagi atau sore hari,” ujarnya. (B-Adv)

Reporter: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga