Dalam 4 Tahun, Luas RTH Kota Kendari Bertambah 40 Hektar

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Minggu, 24 Januari 2021
0 dilihat
Dalam 4 Tahun, Luas RTH Kota Kendari Bertambah 40 Hektar
Salah satu ruang terbuka hijau di Kota Kendari. Foto: Ist.

" Ruang Terbuka Hijau merupakan area atau kawasan yang tertutupi hijau tanaman dalam satu satuan luas tertentu, baik yang tumbuh secara alami maupun yang dibudidayakan. "

KENDARI, TELISIK.ID – Ruang Terbuka Hijau (RTH) merupakan area atau kawasan yang tertutupi hijau tanaman dalam satu satuan luas tertentu, baik yang tumbuh secara alami maupun yang dibudidayakan.

Untuk di Kota Kendari, pemerintah telah berupaya untuk menghadirkan RTH atau Green Open Space yang terus ditambah di tengah pesatnya pembangunan kota.

Kepala Bidang Tata Lingkungan DLHK Kendari, Adi Jaya Purnama mengatakan, setiap tahun RTH memang terus ditambah. Dimana, kata dia, pada tahun 2017 luas RTH di Kota Kendari 130 hektare, sedangkan di tahun 2021 ini menjadi 170 hektare.

Baca juga: Ingin Bangun Perumahan? Jangan Lupa Siapkan Minimal 10 Persen RTH

Baca juga: Pemkot Kendari Siapkan Rp 300 Ribu untuk 8 Ribu Warga Terdampak COVID-19

“Dalam waktu empat tahun, dari tahun 2017 sampai 2021 ini, RTH di Kota Kendari sudah bertambah sebanyak 40 hektare, yaitu dari 130 menjadi 170 hektare lebih. Jumlah ini akan bertambah, bahkan bisa sampai 180 hektare sampai tahun depan,” katanya kepada Telisik.id, belum lama ini.

Pembangunan RTH yang dilakukan ini, tambah dia, juga sebagai upaya agar Kota Kendari memenuhi ketentuan Undang-undang (UU) Nomor 26 tahun 2007, tentang Penataan Ruang. Dimana, proporsi RTH pada setiap kota, yakni paling sedikit 30 persen dari luas wilayah kota.

Keberadaan RTH di tengah kota ini pun juga direspon positif oleh warga masyarakat, sebagaimana yang disampaikan Sri Sulastri, salah seorang warga Kelurahan Bende, Kecamatan Kadia, Kota Kendari. Menurutnya, dengan adanya RTH ini bisa membuat kota lebih indah dan sejuk.

“Iya, jelas kota kita bisa lebih sejuk dan terlihat indah. Apalagi, RTH ini bukan hanya menjaga udara di kota kita bisa segar, tetapi juga menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat,” ujarnya. (B-Adv)

Reporter: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga