Dorong Aksi Nyata Pengelolaan Daerah Aliran Sungai di Sulawesi Tenggara

Musyrifa Sya’adah, telisik indonesia
Jumat, 23 Desember 2022
0 dilihat
Dorong Aksi Nyata Pengelolaan Daerah Aliran Sungai di Sulawesi Tenggara
Direktur P3DAS KLHK, M Saparis Soedarjanto membawakan materi peran kelembagaan pengelolaan DAS dalam tata kelola bentang alam. Foto: Musyrifa Sya'adah/Telisik

" Dalam membina kelestarian dan keserasian ekosistem serta pemanfaatan sumber daya alam berkelanjutan, pengelolaan daerah aliran sungai (DAS) memerlukan keterlibatan dari sejumlah sektor. Oleh karena itu Forum DAS Sulawesi Tenggara hadir untuk menjembatani kepentingan tersebut "

KENDARI, TELISIK.ID - Dalam membina kelestarian dan keserasian ekosistem serta pemanfaatan sumber daya alam berkelanjutan, pengelolaan daerah aliran sungai (DAS) memerlukan keterlibatan dari sejumlah sektor. Oleh karena itu Forum DAS Sulawesi Tenggara hadir untuk menjembatani kepentingan tersebut.

Forum DAS Sulawesi Tenggara bukanlah sebuah lembaga eksekutor, melainkan fasilitator yang memfasilitasi pengkoordinasian seluruh pengelolaan DAS kepada seluruh pemangku kepentingan yang bersifat koordinatif dan konsultatif.

Dalam kegiatan lokakarya perencanaan forum DAS Sulawesi Tenggara dilakukan pengkajian tentang kebijakan, rencana dan pelaksanaan kegiatan serta dampak dari pengelolaan DAS sebagai masukan kepada pengambil keputusan dalam hal ini gubernur.

Baca Juga: Minimnya Ketersediaan SPBU di Kabupaten Buton Sebabkan Ratusan Truk Antre

Selain itu, forum DAS juga melaksanakan koordinasi dan konsultasi, membantu memberikan masukan dalam penyusunan rancangan kebijakan pengelolaan DAS, serta melakukan pengintegrasian dan penyelarasan kepentingan antar sektor.

“Diharapkan dari keberadaan forum ini bisa berikan sumbangsi kepada tata kelola DAS, khususnya di Sulawesi Tenggara. Adapun stakeholder yang hadir dalam kegiatan ini ada cukup beragam mulai dari perguruan tinggi, OPD terkait, LSM, juga komunitas Teras,” ungkap Ketua Forum DAS Sulawesi Tenggara, La Baco Sudia, Jumat (23/12/2022).

Baca Juga: Truk Bermuatan Galian C Dilarang Melintas Selama Nataru, Bandel Ada Sanksi

La Baco menerangkan, di Sulawesi Tenggara terdapat 1877 DAS yang harus dipikirkan dan diperhatikan agar kesatuan ekosistem dari hulu hingga hilir dapat terwujud.

Sementara itu Direktur Perencanaan dan Pengawasan Pengelolaan Daerah Aliran Sungai (P3DAS) KLHK, M Saparis Soedarjanto mengatakan, Forum DAS seharusnya mampu membantu mengidentifikasi lokasi-lokasi yang layak dari berbagai skema.

"Juga mengidentifikasi jenis-jenis program yang dapat diterima masyarakat," ucap Saparis. (B)

Penulis: Musyrifa Sya’adah

Editor: Kardin

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga