DPRD Buteng Dorong Daya Jual Ikan Nelayan Tembus Pasar Domestik

Mutarfin, telisik indonesia
Rabu, 04 November 2020
0 dilihat
DPRD Buteng Dorong Daya Jual Ikan Nelayan Tembus Pasar Domestik
DPRD Buteng kunjungan kerja di Balai Besar Karantina Ikan Pengendalian Mutu Hasil Perikanan di Makassar. Foto: Ist.

" Sasarannya adalah supaya hasil-hasil produsi perikanan di Buteng bisa dijamin kualitas mutunya, sehingga bisa bernilai jual yang tinggi, baik dari pasar domestik maupun di pasar impor. "

BUTON TENGAH, TELISIK.ID - Hasil perikanan Buton Tengah (Buteng) sangatlah melimpah, tapi sayang nilai jualnya rendah dan masi mengandalkan pembeli secara lokal.

Pulau Buton Tengah yang didominasi oleh pesisir pantainya, memicu banyak masyarakat berprofesi sebagai nelayan ikan, baik ikan yang berukuran besar maupun ikan teri yang nilai jualnya sangat tinggi di pasaran.

Menanggapi kondisi tersebut, Ketua Komisi III DPRD Buteng, Tasman SE mengatakan, potensi ikan yang ada di Buteng harus bisa bersaing dan mampu tembus ke pasat domestik.

"Sasarannya adalah supaya hasil-hasil produsi perikanan di Buteng bisa dijamin kualitas mutunya, sehingga bisa bernilai jual yang tinggi, baik dari pasar domestik maupun di pasar impor," ungkapnya.

 

Kunjungan DPRD Buteng di Balai blBesar Karantina Ikan  Pengendalian Mutu Hasil Perikanan di Makassar. Foto: Ist.

 

Ia menambahkan, beberapa hari lalu Komisi III DPRD Buteng melakukan kunjungan ke Balai Kerja Karantina Ikan dan Mutu hasil perikanan tepatnya di Kota Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel).

"Hasil kunjungan kerja itu kemudian kita rapatkan bersama teman-teman ataupun Dinas Perikanan dan Kelautan, sehingga kita bisa turun ke masyarakat dalam rangka mensosialisasikan pada masyarakat atau kita bersama-sama dengan balai karantina yang ada di Baubau," pungkasnya.

Lebih lanjut, kata dia, pihaknya bisa sosialisasikan pada masyarakat bahwa mutu pengendalian pengawasan ikan itu penting, agar kualitasnya meningkat dan nilai jualnya juga ikut tinggi.

 

Hasil tangkapan ikan nelayan Buton Tengah. Foto: Ist.

 

Dengan begitu, Tasman berharap secara kuantitas bisa bertambah hasil jualnya, serta kualitasnya pun juga baik dan mutunya bisa terjamin.

"Jadi itu secara umum ikan ini bisa menjadi nilai jual, baik di pasar domestik maupun di pasaran ekspor," tuturnya.

 

Para nelayan Buteng Tengah yang menaikkan hasil tangkapan ikannya. Foto: Ist.

 

Tasman menjelaskan, mutu ikan di Buteng sangat besar, hanya kendalanya belum terkelola dengan baik. Sehingga, sebaiknya Buteng harus melahirkan Perda terkait hak merk, seperti merk label Ikan Teri Medan meski yang menyuplai ikannya adalah masyarakat Buton Tengah. (Adv)

Reporter: Mutarfin

Editor: Fitrah Nugraha

TAG:
Baca Juga