Ikut Arahan Presiden, Khofifah Minta Masyarakat Jawa Timur Pakai Masker Lagi

Try Wahyudi Ary Setyawan, telisik indonesia
Selasa, 12 Juli 2022
0 dilihat
Ikut Arahan Presiden, Khofifah Minta Masyarakat Jawa Timur Pakai Masker Lagi
Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa meminta masyarakat pakai masker lagi dan disiplin menerapkan protokol kesehatan. Foto: Ist

" Khofifah Indar Parawansa mengajak masyarakat untuk kembali menggunakan masker baik di dalam maupun di luar ruangan "

SURABAYA, TELISIK.ID - Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa mengajak masyarakat untuk kembali menggunakan masker baik di dalam maupun di luar ruangan. Termasuk juga mengajak semua pihak kembali disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan.

“Bapak Presiden mengingatkan bahwa COVID-19 masih ada. Maka dari itu saya mengajak kembali kita bersama-sama perketat protokol kesehatan. Salah satunya dengan memakai masker baik di dalam ataupun di luar ruangan,” ujar Khofifah, Selasa (12/7/2022).

Khofifah mengatakan, kasus COVID-19 di Indonesia mulai mengalami kenaikan pada akhir Mei ini seiring masuknya sub varian BA.4, BA.5. Begitu juga dalam tujuh pekan terakhir terjadi peningkatan kasus COVID-19 di Indonesia.

Hal tersebut dapat dilihat dari data yang dikeluarkan oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) yang menunjukkan tambahan kasus COVID-19 selama sepekan terakhir (4-10 Juli 2022) mencapai 17.388, naik 29,13 persen dibandingkan pekan sebelumnya (27 Juni-3 Juli 2022) yang tercatat 13.466.

“Harus dipahami bersama bahwa pandemi COVID-19 belum selesai, kewaspadaan harus kembali kita tingkatkan dengan memperketat prokes. Tingginya kasus COVID-19 tidak bisa dilepaskan dari masih meningkatnya tambahan kasus yang dipicu varian omicron dan sub varian BA.4, BA.5,” jelas Khofifah.

Baca Juga: 2 Pejabat Nonjob di Manggarai Dilantik Kembali

Khofifah memaparkan, kondisi di Jawa Timur untuk penambahan kasus baru sebanyak 92 pada 4 Juli dan meningkat sebanyak 159 kasus baru pada 5 Juli. Kemudian tambahan kasus baru berturut-turut terjadi pada 6 Juli sebanyak 151 kasus, pada 7 Juli sebanyak 169 kasus, 8 Juli sebanyak 169 kasus.

Selanjutnya pada 9 Juli sempat mengalami penurunan kasus baru yakni 156 kasus positif, turun lagi pada 10 Juli sebanyak 143 kasus baru hingga 11 Juli penambahan sebanyak 98 kasus.

Baca Juga: Birokrasi Tidak Loyal ke Pj Bupati Muna Barat Gegara Diisukan Hanya Menjabat Tiga Bulan

Sebelumnya Presiden Jokowi kembali meminta masyarakat menggunakan masker baik di dalam dan di luar ruangan. Hal tersebut diungkapkan usai pelaksanaan salat Idul Adha di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat, Minggu (10/7/2022).

"Saya juga Ingin mengingatkan kepada kita semua, COVID-19 masih ada, oleh sebab itu baik di dalam ruangan maupun di luar ruangan memakai masker adalah masih sebuah keharusan," kata Jokowi.

Mantan Wali Kota Solo dan Gubernur DKI ini juga meminta agar pemerintah daerah khususnya di kota-kota besar dengan mobilitas yang tinggi untuk menggencarkan kembali vaksinasi booster agar wabah COVID-19 di Indonesia bisa tetap terkendali. (B)

Penulis: Try Wahyudi Ari Setyawan

Editor: Musdar

Baca Juga