DPRD Dukung Pj Wali Kota Kendari Asesmen Kepala OPD, Termasuk Kabid, Camat dan Lurah

Musdar, telisik indonesia
Sabtu, 22 Oktober 2022
0 dilihat
DPRD Dukung Pj Wali Kota Kendari Asesmen Kepala OPD, Termasuk Kabid, Camat dan Lurah
Ketua Komisi III DPRD Kota Kendari LM Rajab Jinik mendukung penuh Pj wali kota untuk audit dan asesmen seluruh kepala OPD. Foto: Musdar/Telisik

" Langkah Penjabat (Pj) Wali Kota Kendari, Asmawa Tosepu untuk menata ulang birokasi mendapat dukungan penuh dari DPRD "

KENDARI, TELISIK.ID - Langkah Penjabat (Pj) Wali Kota Kendari, Asmawa Tosepu untuk menata ulang birokasi mendapat dukungan penuh dari DPRD.

Ketua Komisi III DPRD Kota Kendari, LM Rajab Jinik mengatakan, langkah Pj wali kota mengaudit dan mengasesmen kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) adalah langkah maju untuk penataan birokrasi.

Namun tidak hanya kepala OPD, Rajab Jinik meminta Pj Wali Kota Kendari melakukan hal itu pada kepala bidang (kabid) di setiap OPD, camat dan lurah.

Karena kata Rajab, beberapa kali pelantikan yang dilakukan oleh Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir terdapat hal yang tidak sesuai prosedur, tidak sesuai kompetensi yang dimiliki.

Baca Juga: Pembangunan Wakatobi jadi Topik Utama di Peringatan Maulid

Termasuk ada dugaan tidak melalui Badan Pertimbangan Jabatan dan Kepangkatan (Baperjakat) hanya berdasarkan keinginan-pribadi.

Salah satu yang ditemukan, ada seorang guru dipindah atau dimutasi ke kantor kelurahan sebagai lurah.

Kemudian ada ASN yang memang tidak sesuai dengan bidang keahlian atau kompetensinya dilantik menjadi kabid.

"Ada juga yang dilantik yang tidak sesuai jenjang kepangkatan dan terkesan dipaksakan. Makanya kami minta secara tegas, audit harus segera dilakukan. Saya pikir ini kewenangan beliau secara penuh dalam kedudukannya sebagai Pj wali kota, Sabtu (22/10/2022).

Fraksi Partai Golkar ini menerangkan, Kota Kendari membutuhkan ASN yang mahir pada kompetensinya, mahir pada profesinya untuk mendukung kinerja Pj Wali Kota Kendari di dalam Kendari Bergerak.

Baca Juga: PB NU Ajak Nahdliyin Kenang Perjuangan Santri Lawan Penjajah

Lanjut Rajab, Kendari adalah kota jasa yang membutuhkan pemikiran inovatif, kreatif para pimpinan yang ada di lingkup pemerintah Kota Kendari untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dan menjaga Kota Kendari sehingga menjadi lebih kondusif.

Sebelumnya Pj Wali Kota Kendari Asmawa mengungkapka,  akan mengaudit dan mengassemen kepala OPD lingkup Kota Kendari.

"Harus diaudit supaya saya bisa mengetahui dari titik mana saya bisa merangkak," ucap Asmawa Tosepu.

Namun, Kepala Biro Umum Setjen Kemendagri ini belum menyampaikan kapan hal tersebut dilakukan. (B)

Penulis: Musdar

Editor: Kardin

Artikel Terkait
Baca Juga