DPRD Kolaka Timur Tinjau Pelayanan RSUD, Ini yang Ditemukan

Sigit Purnomo, telisik indonesia
Sabtu, 13 Mei 2023
0 dilihat
DPRD Kolaka Timur Tinjau Pelayanan RSUD, Ini yang Ditemukan
Komisi III DPRD Kolaka Timur saat melakukan peninjauan di ruangan Kebidanan RSUD. Foto: Sigit Purnomo/Telisik

" Komisi III DPRD Kolaka Timur lakukan peninjauan pelayanan kesehatan dan tenaga medis serta proyek pembangunan gedung dan pagar di RSUD Kolaka Timur "

KOLAKA TIMUR, TELISIK.ID - Komisi III DPRD Kolaka Timur lakukan peninjauan pelayanan kesehatan dan tenaga medis serta proyek pembangunan gedung dan pagar di RSUD Kolaka Timur.

Ketua Komisi III DPRD Kolaka Timur, Risman Kadir memberikan catatan kepada pihak RSUD terkait pelayanan yang ada.

"Kebetulan secara pribadi saya sering berkunjung ke sini dan mendapat aspirasi langsung dari masyarakat bahwa proses pelayanan di sini masih kurang memuaskan," jelas Risman Kadir, Sabtu (13/5/2023).

Baca Juga: Blangko Kosong, Disdukcapil Konawe Terbitkan Suket Pengganti E-KTP

Ia menambahkan tenaga medis yang ada kurang responsif kepada pasien-pasien yang ada serta para dokter yang terlalu nyaman tinggal di perumahan.

Komisi III DPRD Kolaka Timur saat melakukan peninjauan pelayanan di ruangan IGD RSUD Kolaka Timur. Foto: Sigit Purnomo/Telisik

 

"Sehingga tidak mobile untuk melakukan tanggung jawab yang ada di pundak dia," tambahnya.

Terkait mobil ambulans, Risman Kadir menjelaskan setahunya ambulans yang ada di RSUD ada 3 unit, namun setelah dicek hanya ada 2 unit.

"Sebentar kita cek sama-sama apa yang menjadi kendala karena itu termasuk barang dan jasa," pungkasnya.

Tempat sama, Ali Topan anggota Komisi III DPRD Kolaka Timur menjelaskan harusnya pihak RSUD mengusulkan hal-hal yang urgent untuk kepentingan RSUD.

"Terutama pintu-pintu yang ada di ruang perawatan yang tampak sudah tidak layak pake," jelasnya.

Ali Topan menyampaikan, ruangan yang harusnya terpisah seperti USG dan Radiologi malah digabung.

"RSUD ini berdiri sendiri anggarannya, jadi coba diperhatikan itu untuk kenyamanan masyarakat," ungkapnya.

Ia menambahkan kedatangan pihaknya ke RSUD juga untuk melakukan peninjauan kembali terhadap pengerjaan yang sudah direalisasikan pada tahun anggaran 2022.

Senada dengan hal tersebut, Andi Basir Saransi anggota Komisi DPRD Kolaka Timur menjelaskan yang perlu kita pikirkan kedepannya adalah bagaimna kita dapat merekrut anak-anak generasi penerus seperti dokter dan tenaga kesehatan lainnya dari masyarakat lokal.

"Kalau perlu kita lakukan biayai untuk dokter-dokter muda ini dapat meningkat sumber daya manusianya," ujarnya.

Ia menambahkan agar pihak RSUD dapat terus meningkatkan mutu kualitas sumber daya manusia yang ada.

Tempat yang sama, Kepala Tata Usaha RSUD Kolaka Timur, Nur Komar menjelaskan, terkait permasalahan tersebut semenjak dirinya masuk dari Juli 2022 itu sudah terus menjadi evaluasi dan bagian dari tugas KTU.

Komisi III DPRD Kolaka Timur saat melakukan peninjauan pelayanan kesehatan di ruangan Perawatan Anggrek di RSUD Kolaka Timur. Foto: Sigit Purnomo/Telisik

 

Ia juga menjelaskan pihaknya sementara evaluasi untuk menekan dan mengetahui siapa-siapa saja yang biasa tidak melakukan tugas secara profesional.

"Yang jadi masalah ini saya harus datang tiap malam untuk mengetahui itu kita tidak bisa hanya dengan satu kali datang," ungkapnya.

Ia mengatakan untuk tenaga dokter di RSUD masih kurang karena untuk 1 dokter jada selain UDG juga harus jaga juga di ruang perawatan dan kebidanan.

Baca Juga: ASEAN Summit di Labuan Bajo Berjalan Aman, Kapolda: Kami Studi Banding di Bali

"Kita hanya memiliki 6 dokter umum dan 4 dokter spesialis," ungkapnya.

Terkait mobil ambulans, Nur Komar mengatakan, ada 2 mobil yang sudah masuk usia tua dan sering rusak, saat ini ada satu mobil yang lagi sementara di bengkel untuk diperbaiki.

Ia juga meminta kepada pihak DPRD Kolaka Timur agar kembali mengaktifkan sistem insentif untuk tenaga kesehatan yang ada di RSUD Kolaka Timur. (A-Adv)

Penulis: Sigit Purnomo

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga