Blangko Kosong, Disdukcapil Konawe Terbitkan Suket Pengganti E-KTP

Sigit Purnomo, telisik indonesia
Sabtu, 13 Mei 2023
0 dilihat
Blangko Kosong, Disdukcapil Konawe Terbitkan Suket Pengganti E-KTP
Dinas Dukcapil Konawe sediakan suket sebagai pengganti e-KTP karena blangko kosong. Foto: Ist.

" Stok blangko di tingkat provinsi pun mengalami kekosongan "

KONAWE, TELISIK.ID - Pembuatan Kartu Tanda Penduduk elektronik (e-KTP) di Kabupaten Konawe mengalami kendala akibat kekurangan blangko Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Konawe terbitkan Suket.

Sekretaris Dinas Kependudukan dan Pencacatan Sipil (Disdukcapil) Konawe, Iska Yanti menerangkan, keadaan tersebut diakibatkan stok blangko di tingkat provinsi pun alami kekosongan.

Akibatnya, warga yang telah melakukan perekaman tidak bisa langsung mengambil e-KTP dan harus menunggu.

Baca Juga: ASEAN Summit di Labuan Bajo Berjalan Aman, Kapolda: Kami Studi Banding di Bali

Iska menyampaikan, pihaknya telah melakukan permintaan ke provinsi namun sampai saat ini permintaan mereka belum juga dipenuhi.

Disdukcapil pun telah melakukan pengusulan blangko KTP langsung ke pemerintah pusat.

"Pembagian blangko dari pusat itu merata, sebelumnya kami sudah mengajukan 10000 buah, namun yang dikasih cuma 2000 dan itu tidak cukup," tuturnya.

Walau belum terpenuhi, pihaknya akan terus berupaya semaksimal mungkin untuk memenuhi ketersediaan blangko KTP, karena saat ini masyarakat yang banyak yang mendaftar untuk membuat KTP.

"Saat ini, perekaman membludak, karena banyak adik-adik kita yang tamat SMA jadi mereka sudah diwajibkan memiliki KTP," bebernya.

Lanjut Iska Yanti, walau terkendala dengan ketersediaan blanko KTP, namun pihaknya tetap melakukan perekaman KTP.

"Walau terkendala dengan blangko, kami masih melakukan perekaman KTP," pungkasnya.

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Konawe, Dema Banda mengungkapkan, jika saat ini stok blangko  sementara kosong, sehingga demikian warga yang membutuhkan e-KTP akan diberikan suket.

Dema menyebut, suket tersebut dikeluarkan bagi warga yang membutuhkan cepat identitas kependudukan, sedangkan bagi warga yang tidak mendesak hanya memperbaiki data dari identitasnya.

"Di dalam suket itu isinya sama dengan yang ada di e-KTP," ungkapnya.

Baca Juga: Warga Buton Hilang Saat Melaut

Dema menambahkan, kekosongan stok blangko itu sudah berjalan selama dua minggu lamanya, dan diperkirakan pekan depan blangko e-KTP bisa didatangkan.

Sementara itu, untuk stok blangko yang akan didatangkan, pihaknya tidak bisa memastikan jumlahnya, mengingat, semua tergantung dari pemerintah pusat, karena bukan hanya Konawe yang memohon stok blangko melainkan daerah-daerah lain.

"Karena kita mintanya di pusat, biasa kita dapat seribu hingga lima ratus blangko,  karena ini sifatnya kita memohon, jadi pusat yang tentukan jumlahnya berapa yang akan dikirimkan nanti," tandasnya. (B-Adv)

Penulis:  Sigit Purnomo

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga