DPRD Muna Temukan Banyak Kejanggalan di Proyek SPAM Desa Pola

Sunaryo, telisik indonesia
Sabtu, 30 Mei 2020
0 dilihat
DPRD Muna Temukan Banyak Kejanggalan di Proyek SPAM Desa Pola
Anggota Komisi III mengecek proyek SPAM di Desa Pola. Foto: Sunaryo/Telisik

" Kita sudah lihat langsung lokasinya. Ternyata benar, banyak yang janggal. Pekerjaannya tidak tuntas. "

MUNA, TELISIK.ID - Pembangunan jaringan perpipaan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) di Wangguali, Desa Pola, Kecamatan Pasir Putih, Kabupaten Muna tak becus dikerjakan oleh pihak rekanan.

Berdasarkan, hasil peninjauan lokasi yang dilakukan Komisi III DPRD Muna, Sabtu (30/5/2020), banyak ditemukan kejanggalan terhadap proyek tahun 2019 yang menelan anggaran sebesar Rp 660 juta itu.  

Awal Jaya Bolombo, anggota Komisi III membeberkan, kegiatan yang dikerjakan CV Algrup Mandiri itu terbengkalai. Diantaranya, banyak pipa yang pecah, pipa tidak ditanam dan bak penangkap yang tidak laik.  

"Kita sudah lihat langsung lokasinya. Ternyata benar, banyak yang janggal. Pekerjaannya tidak tuntas," ungkap Awal Jaya Bolombo.

Baca juga: Dilaporkan ke Polda Sultra Terkait Dugaan Korupsi, Bupati Konut No Comment

Politisi Demokrat itu prihatin melihat pekerjaan itu. Masyarakat pun akhirnya dirugikan. Karena, tidak bisa merasakan air bersih. Maka dari itu, Komisi III tidak akan tinggal diam dan akan meminta pertanggungjawaban dari Dinas PUPR sebagai instansi terkait, konsultan perencanaan dan kontraktor.

"Pekan depan, kita akan hearing mereka," tegas pria yang kerap disapa AJB itu.

Tidak menutup kemungkinan, proyek tersebut akan direkomendasikan ke aparat penegak hukum, bila pihak-pihak terkait tak mampu memberikan penjelasan yang detail.

"Sudah pasti muaranya ke sana (aparat penegak hukum), karena ada indikasi kerugian keuangan negara," pungkasnya.

Reporter: Sunaryo

Editor: Sumarlin

Baca Juga