Edhy Prabowo Mundur, PPP Sebut Peluang Jokowi Lakukan Reshuffle

Rahmat Tunny, telisik indonesia
Kamis, 26 November 2020
0 dilihat
Edhy Prabowo Mundur, PPP Sebut Peluang Jokowi Lakukan Reshuffle
Mantan Menteri KKP, Edhy Prabowo. Foto: Ist.

" Terkait posisi Pak Edhy Prabowo kan untuk sementara Presiden sudah menunjuk Pak LBP untuk menjadi Plt Menteri KKP. "

JAKARTA, TELISIK.ID - Sekjend Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Arsul Sani menilai mundurnya Edhy Prabowo dari kursi Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) menjadi peluang besar buat Presiden Joko Widodo melakukan reshuffle di kabinet kerjanya.

"Terkait posisi Pak Edhy Prabowo kan untuk sementara Presiden sudah menunjuk Pak LBP untuk menjadi Plt Menteri KKP,” kata Arsul Sani kepada wartawan, Kamis (26/11/2020).

Hanya saja, kata dia, kalau kemudian Presiden nanti mendefinitifkan Menteri KKP, itu bisa jadi hanya mengisi posisi Menteri KKP saja atau bahkan itu menjadi pintu masuk reshuffle yang memang tidak pernah ditutup kemungkinannya oleh Presiden.

Anggota Komisi III DPR RI ini juga mengatakan, sejumlah kriteria sosok pengganti Edhy Prabowo sebagai Menteri KKP mulai diperbincangkan. Namun, buat Arsul Sani figur yang layak gantikan posisi Edhy Prabowo adalah orang yang memiliki integritas.

Baca juga: Pangkat Calon Kapolri Tak Masalah, DPR Sebut Sehari Bisa Naik

"Tentu yang paling penting adalah soal integritas dan punya kemauan sebagai fast learner untuk memahami tupoksi KKP, sehingga bisa langsung mengeksekusi program-programnya," ucap Arsul.

Wakil Ketua MPR RI itu menuturkan, Partai PPP enggan mengomentari lebih jauh soal pengganti Edhy Prabowo, karena hal tersebut merupakan hak prerogatif Presiden.

"Soal yang mana pilihan Presiden, ya bagi PPP itu kita tunggu saja karena itu semuanya ada dalam wilayah prerogatif Presiden," jelasnya.

Sebelumnya, KPK menetapkan Edhy Prabowo sebagai tersangka kasus dugaan suap ekspor benih lobster. Edhy pun memilih mundur dari jabatannya sebagai Menteri dan di partai. (C)

Reporter: Rahmat Tunny

Editor: Fitrah Nugraha

TAG:
Baca Juga