Elektabilitas Andi Sumangerukka Tertinggi Versi Survei LSI Denny JA

Kardin, telisik indonesia
Rabu, 01 Mei 2024
0 dilihat
Elektabilitas Andi Sumangerukka Tertinggi Versi Survei LSI Denny JA
Survei versi LSI Denny JA, Balon Gubernur Sulawesi Tenggara, Andi Sumangerukka punya elektabilitas tertinggi. Foto: Kardin/Telisik

" Bakal calon Gubernur Sulawesi Tenggara, Andi Sumangerukka (ASR) memiliki elektabilitas tertinggi dari sejumlah bakal calon yang ada untuk Pilgub 27 November 2024 mendatang "

KENDARI, TELISIK.ID - Bakal calon Gubernur Sulawesi Tenggara, Andi Sumangerukka (ASR) memiliki elektabilitas tertinggi dari sejumlah bakal calon yang ada untuk Pilgub 27 November 2024 mendatang.

Hal itu berdasarkan rilis survei yang dikeluarkan lembaga Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA, elektabilitas ASR yang maju di Pilgub Sulawesi Tenggara, berada di urutan pertama dari 14 nama kandidat calon gubernur dengan 15,4 persen.

"Elektabilitas calon gubernur tidak bedah jauh dari survei sebelumnya, ASR masih tertinggi," ujar peneliti senior LSI Denny JA, Ikrama Masloman saat rilis survei di Kota Kendari, Selasa (30/4/2024).

Baca Juga: Borong Daftar Parpol, Balon Bupati Muna Bachrun Labuta Kunci PKB dan PKS

Selanjutnya, Ikrama menyebut untuk posisi kedua ditempati oleh Ridwan Bae dengan elektabilitas 11,2 persen, disusul Kerry Saiful Konggoasa (KSK) 11 persen, La Ode Ida 10,7 persen, Lukman Abunawas 10,6 persen, Rusda Mahmud 6,4 persen.

Kemudian, Tina Nur Alam 6 persen, Samsu Umar Samiun 4,4 persen,  Surunuddin Dangga 3,9 persen, Rusman Emba 3,2 persen, Abdurrahman Saleh 2,5 persen, Ruksamin 2,4 persen, WA Ode Nurhayati 1,3 persen, La Ode Umar Bonte 0,4 persen.

Temuan kali ini, di mana LSI Denny JA sudah melakukan survei Balon Gubernur Sulawesi Tenggara kedua kalinya, dan terbaru survei yang dirilis ini, Ridwan Bae berhasil menyalip KSK, yang survei sebelumnya mantan Bupati Konawe dua periode itu berada di posisi kedua.

"Yang berbeda posisi kedua, diraih Ridwan Bae, yang menggeser KSK. Dan hasil survei ini 10,5 persen responden belum memutuskan pilihan," ungkap Ikrama.

Ia menerangkan, LSI Denny JA melakukan pemotretan atau pengambilan sejak 20-26 Maret 2024, dengan jumlah responden 800 di seluruh kabupaten/kota di Sulawesi Tenggara.

Adapun metode survei yang digunakan LSI Denny JA, yaitu multistage random sampling, dengan teknik wawancara tatap muka (face to face interview) menggunakan kuesioner. Tingkat kepercayaan atau margin eror survei ini 3,5 persen.

"Selain survei, kami (LSI Denny JA) juga menggunakan riset kualitatif (analisis media dan indepht interview) untuk memperkuat temuan dan analisis," tukasnya.

Sebelumnya, Andi Sumangerukka mengaku, telah melakukan komunikasi dengan sejumlah partai politik (parpol) untuk memenuhi persyaratan dalam pencalonan, yakni syarat minimal 9 kursi DPRD Sulawesi Tenggara.

Baca Juga: Plt Bupati Muna Bachrun Labuta Unjuk Kekuatan untuk Hadapi Pilkada

"Kalau saya hitung-hitung lebih yah, bisa mencapai 23 kursi," ungkapnya beberapa waktu lalu.

Ia juga mengaku tidak menyangka soal respon positif dari masyarakat saat pileg lalu l, dengan memperoleh suara yang cukup signifikan.

"Saya juga meminta dukungan masyarakat, karena sudah siap mewakafkan diri untuk Sulawesi Tenggara," pungkasnya. (B)

Penulis: Kardin

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DIGOOGLE NEWS

Baca Juga