Enam Hari Terombang-ambing di Laut, Begini Cara Bertahan Hidup 4 Nelayan Wakatobi

Wiwik Prihastiwi, telisik indonesia
Rabu, 30 Agustus 2023
0 dilihat
Enam Hari Terombang-ambing di Laut, Begini Cara Bertahan Hidup 4 Nelayan Wakatobi
Empat nelayan Wakatobi berhasil ditemukan setelah terombang-ambing di laut selama enam hari. Foto: Ist.

" Sebanyak empat nelayan yang dilaporkan tenggelam di perairan sebelah utara Kabupaten Wakatobi, ditemukan selamat oleh seorang nelayan bernama La Jodi "

WAKATOBI, TELISIK.ID - Sebanyak empat nelayan yang dilaporkan tenggelam di perairan sebelah utara Kabupaten Wakatobi, ditemukan selamat oleh seorang nelayan bernama La Jodi.

Sebelumnya, kapal yang ditumpangi empat nelayan telah terjadi kecelakaan dan tenggelam. Hal itu berdasarkan laporan dari salah satu keluarga korban, Kindarson.

Kepala KKP Kendari, Muhamad Arafah menuturkan, pada Rabu (30/8/2023) pukul 07.35 Wita, menerima laporan dari Kepala Desa Waha terkait penemuan empat korban.

"Empat korban tersebut ditemukan terombang-ambing di laut menggunakan rakit sekitar 10 NM arah barat laut dari perkiraan lokasi," ujarnya dalam keterangan tertulis.

Baca Juga: Sempat Walk Out, Fraksi Golkar DPRD Wakatobi Setuju KUA PPAS 2024

Empat korban tersebut dari Bajo Muna yang sudah menetap di Bajo Mola, Wakatobi. Mereka adalah Dilen (27), Adin (20), Nasar (17), Ari (19).

Salah seorang warga yang ada di lokasi setelah korban dievakuasi ke darat, Satriadin menuturkan, empat korban tersebut ditemukan di Desa Wapiapia. Mereka terombang-ambing dengan perahu dalam kondisi mati selama 6 hari berada di laut.

"Berdasarkan penuturan korban, ada dua perahu yang mereka bawa, namun perahu yang satunya tenggelam, jadi mereka semua bertahan di satu perahu itu saja. Mereka ditemukan oleh nelayan yang bernama La Jodi, dan ia juga yang bantu tarik perahu 4 nelayan tersebut," ujarnya.

Setelah memastikan kondisi korban, pada pukul 08.44 Wita, Tim SAR Gabungan mengevakuasi 4 nelayan tersebut menuju Pelabuhan Marina Wanci dan langsung diserahkan ke pihak keluarga.

Baca Juga: Kapal Tenggelam, 4 Nelayan Wakatobi Ditemukan Selamat

Dengan ditemukannya seluruh korban dalam keadaan selamat, Kepala KKP Kendari, Muhamad Arafah menyatakan, operasi SAR dinyatakan selesai dan ditutup.

Adapun tim yang terlibat dalam pencarian terdiri atas, Pos SAR Wakatobi, Pos AL Wanci, Polairud Polres Wakatobi, Nelayan Sekitar, Keluarga Korban.

"Terima kasih responsif, kolaborasi SAR Wakatobi, Sat Polair Polres Wakatobi, Pos TNI AL Wakatobi dan pihak terkait lainnya melakukan reaksi cepat dalam penanganan laka laut, sehingga jiwa masyarakat kita dapat terselamatkan," ucap Kasat Polair Polres Wakatobi, Ipda Laode Kayfulani Usman. (A)

Penulis: Wiwik Prihastiwi

Editor: Kardin 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga