Euro 2024: Perang Bintang Ronaldo dan Mbappe

Mustaqim, telisik indonesia
Jumat, 05 Juli 2024
0 dilihat
Euro 2024: Perang Bintang Ronaldo dan Mbappe
Kapten Timnas Portugal, Cristiano Ronaldo (kiri), dan Kylian Mbappe dari Prancis. Foto dan Grafis: euro.com

" Bentrok Portugal dan Prancis di perempat final Euro 2024 di Stadion Volkspark, Hamburg, Sabtu (6/7/2024) dinihari pukul 02:00 WIB merupakan pertemuan ketiga berturut-turut dalam Kejuaraan Eropa "

HAMBURG, TELISIK.ID – Bentrok Portugal dan Prancis di perempat final Euro 2024 di Stadion Volkspark, Hamburg, Sabtu (6/7/2024) dinihari pukul 02:00 WIB merupakan pertemuan ketiga berturut-turut dalam Kejuaraan Eropa.

Pertemuan terakhir terjadi di penyisihan grup Euro 2020, mereka bermain imbang 2-2. Dua gol Portugal dilesakkan Ronaldo melalui penalti, sedangkan dua gol Prancis dicetak Karim Benzema. Pertemuan sebelum itu adalah saat Portugal menang 1-0 di final Euro 2016.

Pemain Portugal, Bernardo Silva, menilai duel timnya melawan Prancis bukan hanya tentang Cristiano Ronaldo versus Kylian Mbappé. Tapi akan melihat dua bintang ini berhadapan langsung masing-masing sebagai kapten tim nasional.

Silva telah bermain dengan Ronaldo dan Mbappe, tapi dia menegaskan permainan berarti lebih dari sekadar pertempuran individu.

Silva menyebut sebagai ‘penyerahan tongkat estafet’ dari Ronaldo, yang menjadi penampilan terakhir pemain berusia 39 tahun ini di Kejuaraan Eropa, kepada Mbappe.

Baca Juga: Fakta Spanyol vs Jerman Jelang Duel di Perempat Final Euro 2024

“Ini bukan tentang Kylian dan Cris (Cristiano Ronaldo, red), ini tentang Portugal dan Prancis,” kata Silva saat konferensi pers jelang duel timnya dengan Prancis, Jumat (5/7/2024) pagi WIB.

Silva mengatakan Ronaldo dan Mbappe berada pada tahap yang berbeda dalam karir mereka. Dia menyebut Ronaldo salah satu pemain terbaik dan Mbappe masih di awal atau tengah karirnya.

Silva pernah menjadi rekan setim Mbappe di Monaco, tetapi dia mengatakan persahabatan mereka akan ditangguhkan selama sehari.

“Dia adalah pemain yang luar biasa. Saya hanya bisa mendoakan yang terbaik untuk karirnya, tetapi tidak besok. Ini adalah kesempatan luar biasa untuk selangkah lebih dekat dengan tujuan akhir kami yaitu memenangkan trofi,” kata gelandang Manchester City itu.

Portugal telah menghadapi kritik menyusul pertandingan babak 16 besar mereka dengan Slovenia yang kurang memuaskan, sebelum menang lewat drama adu penalti berkat kecemerlangan kiper Diogo Costa.

Sementara keengganan pelatih Portugal, Roberto Martinez, untuk menggantikan Ronaldo telah dipertanyakan. Namun, Martinez menegaskan setiap keputusan yang dia buat adalah untuk kebaikan tim.

“Kritik adalah bagian dari pekerjaan. Saya punya informasi dan staf saya menyiapkan setiap pertandingan terpisah. Kritik menunjukkan betapa bersemangatnya orang-orang tentang tim nasional dan kami menerimanya,” kata Martinez.

Setiap hari, kata Martinez, dirinya menyaksikan para pemain berlatih dan bermain kemudian membuat keputusan.

“Saya tidak fokus pada diri saya sendiri. Tugas saya adalah membuat para pemain tampil sebaik mungkin dan itulah yang akan saya lakukan,” ujarnya.

Pelatih Prancis, Didier Deschamps, menepis kekhawatiran atas bentuk permainan penyerang kunci Kylian Mbappe dan Antoine Griezmann jelang bertemu Portugal. Deschamps mengatakan Portugal memiliki hak untuk dianggap sebagai pesaing untuk merebut mahkota Euro 2024.

“Pada awal turnamen, Portugal adalah salah satu favorit dan mereka adalah tim dengan hak yang sah sehubungan dengan ambisi mereka untuk menjadi juara Eropa,” ungkap Deschamps saat konferensi pers.

Pertandingan nanti, menurut Deschamps, akan menjadi perebutan kekuasaan. Tim Portugal memiliki kapasitas untuk menjaga penguasaan bola. “Dan jelas lebih suka menyerang daripada bertahan. Jadi itu akan menjadi perebutan kekuasaan,” katanya.

Pelatih 55 tahun ini mengaku tahu kebiasaan Martinez mengubah formasi tim, terkadang tiga di belakang dan terkadang melempar bek ekstra.

Deschamps membela bentuk permainan Mbappe dan Griezmann yang kontribusinya di Euro 2024 telah dikritik.

“Kylian (Mbappe) memiliki masalah dalam persiapan dan dia mengalami trauma selama kompetisi,” jelas Deschamps, mengacu pada patah hidung Mbappe ketika melawan Austria dalam pertandingan pembukaan.

Kendati begitu, Deschamps memastikan Mbappe merasa baik dan akan dimainkan melawan Portugal. Begitu juga dengan Griezmann yang dalam kondisi siap tarung.

Data dan Fakta:

- Tampil dalam rekor Kejuaraan Eropa keenamnya, Cristiano Ronaldo belum mencetak gol. Jika dia melakukannya di Euro 2024, striker berusia 39 tahun itu akan menjadi pencetak gol tertua yang pernah ada di turnamen.

- Mbappe akan kembali mengenakan topeng pelindung setelah mengalami patah tulang hidung dalam pertandingan pembuka grup Prancis melawan Austria. Pelatih Prancis Didier Deschamps mengatakan, setelah kemenangan babak 16 besar atas Belgia, Mbappe mungkin perlu memakai topeng selama berbulan-bulan.

- Pertandingan akan dimainkan tepat 18 tahun setelah pertemuan kedua negara di semifinal Piala Dunia 2006, ketika Zinedine Zidane mencetak gol kemenangan dari titik penalti. Ronaldo memainkan pertandingan penuh dan pemain pertandingan itu adalah Lilian Thuram, yang putranya, Marcus, kemungkinan akan tampil untuk Prancis di Hamburg.

- Gelandang Prancis, Adrien Rabiot, diskors setelah mengumpulkan dua kartu kuning. Kemungkinannya adalah bahwa Antoine Griezmann akan turun kembali ke lini tengah untuk menutupi Rabiot, dengan Ousmane Dembele berpotensi masuk ke lini depan.

- Portugal tidak memiliki masalah cedera dan semua 26 pemain ikut berlatih pada hari Rabu. Tidak ada pemain yang diskors.

- mbappe adalah salah satu dari empat pemain Prancis yang akan absen di semifinal jika mereka terkena kartu kuning lagi. Sama halnya dengan Ronaldo dan lima pemain Portugal lainnya.

- Prancis hanya kebobolan satu gol di Euro 2024. Itu adalah penalti yang direbut kembali oleh striker Polandia, Robert Lewandowski, yang upaya pertamanya diselamatkan oleh Mike Maignan sebelum kiper Prancis itu dinilai terlau cepat keluar dari garisnya.

Baca Juga: Euro 2024: Ujian Pembuktian Kualitas Pemain Muda Jerman dan Spanyol

- Mbappé yang berusia 25 tahun memiliki 48 gol untuk Prancis. Dia memiliki jalan panjang untuk mengejar Ronaldo, yang memiliki rekor 130 gol internasional.

- Ini adalah pertemuan ketiga berturut-turut tim di Kejuaraan Eropa. Di turnamen pada 2020, mereka bermain imbang 2-2 di babak penyisihan grup — Ronaldo mencetak dua penalti — dan Portugal menang 1-0 di final pada 2016.

- Ronaldo, yang akan membuat rekor penampilan ke-212 untuk Portugal, telah memiliki 20 tembakan tanpa mencetak gol di Euro 2024.

Prakiraan susunan pemain

Portugal (4-2-3-1): Diogo Costa; Cancelo, Rúben Dias, Pepe, Nuno Mendes; Palhinha, Vitinha, Bruno Fernandes; Rafael Leão, Ronaldo, Bernardo Silva

Prancis (4-3-3): Maignan; Koundé, Saliba, Upamecano, Hernández; Kanté, Tchouameni, Griezmann; Dembélé, Thuram, Mbappé. (C)

Reporter: Mustaqim

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga