Expo Engineering FT UHO Target 200 Mahasiswa Raih Peluang Kerja

Wa Ode Ria Ika Hasana, telisik indonesia
Senin, 09 Oktober 2023
0 dilihat
Expo Engineering FT UHO Target 200 Mahasiswa Raih Peluang Kerja
Dishub Sulawesi Tenggara hadiri expo engineering di Fakuktas Teknik Universitas Halu Oleo dengan memperkenalkan produk hasil kerja dari Dishub dan BPTD. Foto: Wa Ode Ria Ika Hasana/Telisik

" Guna membuka peluang kerja bagi mahasiswa dan alumni, Fakuktas Teknik (FT) Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari mengadakan Expo Engineering Job Fair "

KENDARI, TELISIK.ID - Guna membuka peluang kerja bagi mahasiswa dan alumni, Fakuktas Teknik (FT) Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari mengadakan Expo Engineering Job Fair dan seminar nasional 2023 dengan menggandeng beberapa mitra kerja sama dari berbagai instansi pemerintah dan swasta.

Expo ini bertema mewujudkan mimpi dengan teknologi, dengan tujuan untuk mendorong industri-industri masuk ke dalam kampus dengan membuka peluang kerja untuk mahasiswa dan alumni.

Beberapa instansi pemerintah seperti Dinas Perhubungan Sulawesi Tenggara datang dengan membawa atau memamerkan produk-produk yang dimiliki. Selain itu, ada juga beberapa instansi swasta seperti Telkomsel, Indofood, hotel dan lainnya.

Ketua panitia sekaligus Wakil Dekan III Bidang Kemahasiswaan dan alumni Fakultas Teknik UHO, Adris A. Putra mengatakan, expo ini dilatarbelakangi karena kita di Sultra ini membutuhkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang menguasai teknologi.

Baca Juga: Pelatihan BIM di FT UHO Kendari Persiapkan Mahasiswa di Dunia Kerja

"Di sini kami mengusung tema mewujudkan mimpi dengan teknologi, jadi kita harus menguasai teknologi karena dalam membangun suatu wilayah atau kawasan kita harus menguasai teknologi. Selain itu pada expo kali ini Fakuktas Teknik menggandeng para mitra untuk memamerkan produk apa yang mereka miliki. Target kami akan ada 100 sampai 200 orang untuk bisa meraih peluang kerja dari expo ini," ujar Adris, Senin (9/10/2023).

Dishub Sulawesi Tenggara memperkenalkan hasil kerja berupa simpul transportasi jalan, sungai, danau dan simpul-simpul transportasi penyeberangan. Foto: Wa Ode Ria Ika Hasana/Telisik

 

Di tempat yang sama, Wakil Rektor (WR) III UHO, Nur Arafah mengatakan, mahasiswa UHO tidak cukup hanya dengan menguasai ilmu tetapi juga dengan bekerja bisa hidup dari disiplin ilmunya. Orang yang profesional itu selain harus menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi, juga bisa hidup mandiri dan bisa mempekerjakan orang. Oleh karena itu, kegiatan seperti ini harus terus dikembangkan di UHO.

Baca Juga: Mahasiswa UHO Terima Pendanaan Usaha dari Kemendikbud Melalui P2MW

"Expo hari ini menjadi bagian dari upaya kita agar mahasiswa dan alumni bisa mendapatkan pekerjaan dengan cepat," jelasnya.

Sementara itu, Dekan Fakultas Teknik UHO, Edward Ngii mengatakan, tujuan diadakannya expo ini yaitu dengan mendorong dunia industri masuk ke dalam kampus untuk mengenalkan teknologi, kebutuhan mahasiswa akan sumberdaya manusia. Dengan adanya expo ini, mahasiswa bisa mengetahui apa yang dibutuhkan di dunia kerja, apa yang harus difokuskan sehingga saat mereka selesai kuliah, sudah menguasai teknologi.

"Dengan adanya expo ini bisa menumbuhkan jiwa kewirausahaan pada mahasiswa bagaimana enginering bisa menciptakan peluang kerja," jelasnya. (A-Adv)

Penulis: Wa Ode Ria Ika Hasana

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga