Fakta Unik Burung Nasar, Hidup dengan Makan Bangkai Hewan Lain

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Minggu, 21 Mei 2023
0 dilihat
Fakta Unik Burung Nasar, Hidup dengan Makan Bangkai Hewan Lain
Burung nasar adalah satu-satunya hewan bertulang belakang (vertebrata) di daratan yang bisa hidup dengan makan bangkai. Foto: Detik.com

" Burung nasar adalah burung pemakan bangkai. Meskipun kesannya seram dan menjijikkan, burung nasar sangat berguna bagi keseimbangan ekosistem "

KENDARI, TELISIK.ID - Burung nasar adalah burung pemakan bangkai. Meskipun kesannya seram dan menjijikkan, burung nasar sangat berguna bagi keseimbangan ekosistem.

Belajar betapa uniknya burung-burung ini dapat membantu Anda lebih menghargai tempat mereka di dunia avifauna dan betapa pentingnya konservasi berkelanjutan mereka.

Melansir Bobo.grid.id, burung nasar adalah satu-satunya hewan bertulang belakang (vertebrata) di daratan yang bisa hidup dengan makan bangkai. Burung ini banyak ditemukan di Afrika, India dan beberapa wilayah di Asia dan Benua Amerika.

Baca Juga: Fakta Unik Gerhana Matahari Hibrida Pada 20 April Besok

Leher dan kepalanya berbulu tipis berfungsi, agar darah, daging bangkai, dan kotoran tidak mudah menempel saat burung ini menyantap bangkai. Bila dibandingkan dengan burung pemburu mangsa lainnya, penglihatan burung bangkai ini tidak terlalu tajam.

Akan tetapi, ia jeli melihat bangkai dan hewan pemakan bangkai lain yang sedang berkumpul. Burung nasar makan secara berkerumun. Satu kerumunan yang cukup besar bisa melahap seluruh bagian bangkai zebra dalam waktu 30 menit

Dikutip dari Id.insterne.com, ada 23 spesies burung pemakan bangkai di dunia, dan setidaknya satu jenis burung pemakan bangkai ditemukan di setiap benua kecuali Australia dan Antartika. Ini adalah burung yang relatif mudah beradaptasi yang ditemukan di berbagai, termasuk daerah pinggiran, tetapi bahkan dengan kemampuan beradaptasi itu, 14 spesies dianggap terancam atau hampir punah.

Spesies burung pemakan bangkai dibagi menjadi kelompok Dunia Baru (Benua Amerika dan Karibia) dan Dunia Lama (Eropa, Asia dan Afrika) tergantung pada kisarannya. Ada lebih banyak spesies burung pemakan bangkai di Dunia Lama, dan mereka tidak terkait erat dengan burung nasar New World.

Baca Juga: 5 Fakta Unik Bunga Periwingkle: Antikanker tapi Beracun

Kedua kelompok sering dianggap bersama, karena mereka mengisi ceruk ekologi yang sama. Burung bangkai Dunia Baru mungkin lebih terkait erat dengan burung bangau daripada burung raptor lainnya.

Asam lambung burung pemangsa secara signifikan lebih kuat dan lebih korosif daripada hewan atau burung lainnya. Hal ini memungkinkan para pemulung ini untuk memakan bangkai membusuk yang mungkin terinfeksi bakteri berbahaya, karena asam akan membunuh bakteri itu sehingga tidak mengancam burung pemakan bangkai.

Sementara burung nasar makan kebanyakan hewan mati, mereka mampu menyerang dan sering memangsa mangsa yang sangat sakit, terluka atau lemah. Ini lebih umum jika makanan telah langka dan tidak ada bangkai di dekatnya. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga