10 Negara Paling Damai di Dunia, Indonesia Nomor Berapa?

Nurdian Pratiwi, telisik indonesia
Minggu, 30 Oktober 2022
0 dilihat
10 Negara Paling Damai di Dunia, Indonesia Nomor Berapa?
Iceland atau Islandia diketahui telah menempati posisi pertama sebagai negara terdamai di dunia selama 14 tahun berturut-turut. Foto: Repro Okezone.com

" Tinggal di negara yang tentram dan damai serta aman dari bahaya tentu merupakan idaman bagi setiap orang. Nah, berbicara tentang hal tersebut, Institute fo Economics and Peace, lembaga riset internasional yang berbasis di London, Inggris, baru saja merilis Global Peace Index (GPI) 2022 yang mengukur perdamaian global "

KENDARI, TELISIK.ID - Tinggal di negara yang tentram dan damai serta aman dari bahaya tentu merupakan idaman bagi setiap orang. Nah, berbicara tentang hal tersebut, Institute fo Economics and Peace, lembaga riset internasional yang berbasis di London, Inggris, baru saja merilis Global Peace Index  (GPI) 2022 yang mengukur perdamaian global.

Mengutip dari Detik.com, GPI mengevaluasi setiap negara dengan 23 indikator. Dari analisis tersebut, setiap negara akan diurutkan ke dalam tiga kategori, yaitu: militerisasi, keselamatan dan keamanan, dan konflik domestik dan internasional.

Indikator-indikator tersebut kemudian digabungkan menjadi satu Skor Indeks Perdamaian atau Global Piece Index.

Baca Juga: 10 Kebiasaan Orang Indonesia Ini Ternyata Unik di Mata Asing

Islandia dinobatkan sebagai negara paling damai, posisi yang dipegangnya sejak 2008. Menyusul Islandia adalah Selandia Baru, Irlandia, Denmark, dan Austria.

Untuk tahun kelima berturut-turut, Afghanistan adalah negara yang paling tidak damai, diikuti oleh Yaman, Suriah, Rusia, dan Sudan Selatan. Tujuh dari sepuluh negara di puncak daftar GPI berada di Eropa.

Dua dari lima negara dengan penurunan perdamaian terbesar adalah Rusia dan Ukraina, mereka bergabung dengan Guinea, Burkina Faso dan Haiti. Semua kemerosotan ini disebabkan oleh konflik yang sedang berlangsung.

Lebih lengkapnya, berikut 10 negara paling damai di dunia:

1. Islandia atau Iceland

2. Selandia Baru

3. Denmark

4. Portugal

5. Slovenia

6. Austria

7. Swiss

8. Irlandia

9. Republik Ceko

10. Kanada

Nah, bagaimana dengan Indonesia?

Dalam daftar yang dirilis Studi GPI ini, negara Asia Tenggara dengan peringkat terbaik adalah Singapura dengan menempati posisi kesebelas. Disusul Malaysia di peringkat ke-22.

Sedangkan Indonesia, harus puas berada di posisi ke-42 dalam daftar negara paling damai di dunia.

Meski begitu sebagaimana dikutip dari Kompas.com, di daftar negara tersantai, ternyata Indonesia berada di urutan pertama lho.

berdasarkan riset yang bertajuk "Most Chilled Out Countries in The World" dari agen perjalanan Inggris Lastminute pada 2019, Indonesia berada di peringkat pertama sebagai negara tersantai di dunia.

Dalam risetnya, Lastminute mengklaim telah melakukan analisis dari berbagai faktor, mulai dari hak pribadi warga negara, polusi suara dan cahaya, suhu, jumlah hari libur, hingga jumlah spa di negara tersebut.

Baca Juga: Kisah Unik Julie Loving, Nenek yang Mengandung Cucu Sendiri

Namun, kata “paling santai” di riset ini bukanlah santai dalam perspektif “malas”, melainkan santai dalam arti destinasi yang cocok sebagai tempat liburan dan relaksasi terbaik di dunia.

Berikut adalah daftar 4 negara tersantai di dunia:

1. Indonesia.

2. Australia.

3. Islandia.

4. Selandia Baru. (C)

Penulis: Nurdian Pratiwi

Editor: Kardin

Artikel Terkait
Baca Juga