Fakta Unik Gerhana Matahari Hibrida Pada 20 April Besok

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Rabu, 19 April 2023
0 dilihat
Fakta Unik Gerhana Matahari Hibrida Pada 20 April Besok
Gerhana matahari hibrida akan terjadi pada 20 April 2023 besok, fenomena ini merupakan jenis gerhana matahari yang paling langka, paling menarik, dan bisa dibilang paling spektakuler serta menarik secara global. Foto: Jatimnetwork.com

" Gerhana matahari hibrida akan terjadi pada 20 April 2023 besok, fenomena ini merupakan jenis gerhana matahari yang paling langka, paling menarik, dan bisa dibilang paling spektakuler serta menarik secara global "

KENDARI, TELISIK.ID - Gerhana matahari hibrida akan terjadi pada 20 April 2023 besok, fenomena ini merupakan jenis gerhana matahari yang paling langka, paling menarik, dan bisa dibilang paling spektakuler serta menarik secara global.

Dikutip dari Sindonews.com, Gerhana Matahari hibrida terjadi hanya beberapa kali dalam satu abad, sehingga dikategorikan peristiwa astronomi yang sangat langka dan aneh. Peristiwa gerhana matahari hibrida selama abad ke-21 hanya 3,1persen atau sekitar 7 kali dari 224 gerhana matahari. Sedangkan antara tahun 2000 SM hingga 3000 M, hanya 4,8 persen.

Gerhana matahari hibrida terdekat diperkirakan terjadi pada 20 April 2023 di belahan bumi selatan. Peristiwa gerhana matahari hibrida diawali dengan gerhana matahari total, kemudian beralih ke gerhana matahari annular (cincin), ketika bayangan bulan melintas di atas bumi.

Baca Juga: 5 Fakta Unik Orang Kidal, Lebih Kreatif dan Ahli Olahraga

Dilansir dari Grid.id, Gerhana matahari hibrida terjadi ketika jarak bulan mendekati batas bayangan umbra, untuk mencapai Bumi. Bulan berada pada jarak yang tepat dari Bumi, sehingga puncak bayangannya yang berbentuk kerucut berada sedikit di atas permukaan Bumi. 

Kemudian, bayangan antumbra (perpanjangan umbra) bulan bergerak melintasi Bumi, sehingga menyebabkan gerhana matahari annular. NASA mendefinisikan gerhana matahari annular sebagai gerhana matahari yang terjadi ketika Bulan melewati antara Matahari dan Bumi. 

Baca Juga: 5 Fakta Unik Bunga Periwingkle: Antikanker tapi Beracun

Gerhana matahari annular ini memunculkan pemandangan seperti cincin bersinar, karena piringan lebar matahari tertutup oleh piringan bulan yang lebih kecil. Perbedaan antara gerhana matahari hibrida dengan gerhana matahari total yaitu proses terjadinya. 

Jika pada gerhana matahari total, matahari dalam kondisi benar-benar gelap. Pada gerhana matahari hibrida terjadi dua proses. Awalnya, kita akan terlihat posisi 'cincin api' pada saat gerhana dalam waktu singkat, kemudian dilanjutkan dengan gerhana matahari total. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Kardin 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga