Festival Wirausaha UHO Kendari jadi Pameran Kreativitas Mahasiswa

Tim Telisik, telisik indonesia
Senin, 23 Oktober 2023
0 dilihat
Festival Wirausaha UHO Kendari jadi Pameran Kreativitas Mahasiswa
Festival wirausaha UHO Kendari menumbuhkan jiwa wirausaha bagi kalangan mahasiswa, Senin (23/10/2023). Foto: Sahira/Telisik

" Festival wirausaha bisa menjadi tempat bagi para mahasiswa untuk menuangkan kreativitas dan ide-ide yang menarik. Acara ini mulai 23-24 Oktober 2023 di Pelataran Auditorium Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari "

KENDARI, TELISIK.ID - Festival wirausaha bisa menjadi tempat bagi para mahasiswa untuk menuangkan kreativitas dan ide-ide yang menarik. Acara ini mulai 23-24 Oktober 2023 di Pelataran Auditorium Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari.

Rektor UHO Kendari, Muhammad Zamrun Firihu mengapresiasi kegiatan festival wirausaha ini. Melihat mahasiswa sangat kreatif, namun masih perlu arahan.

"Ide-ide mahasiswa itu sangat banyak, sangat kreatif tapi kadang-kadang butuh diarahkan sehingga nanti ke depannya bisa lebih bagus, makanya saya sudah katakan pembimbingan dari dosen itu sangat wajib. Saya selalu sampaikan kepada para dosen dan WD3 agar semua kegiatan mahasiswa itu kalau bisa diarahkan sehingga nanti hasilnya ke depan bisa lebih bagus lagi," ucapnya, Senin (23/10/2023).

Baca Juga: Begini Cerita Mahasiswa UHO Kendari Magang di Dua Perusahaan Jerman

Zamrun Firihu menambahkan  ke depannya bisa buat kegiatan yang lebih besar lagi dari saat ini. "Luar biasa idenya sangat banyak jadinya mudah-mudahan tahun depan kita bisa adakan lagi, ini kan baru awal dan nanti akan dievaluasi oleh panitia dan juga oleh BEM, sehingga apa-apa yang kurang itu tahun depan bisa kita lengkapi," tambahnya.

Kegiatan ini dilaksanakan untuk menumbuhkan jiwa kewirausahaan di kalangan mahasiswa, sehingga mereka nantinya tidak hanya fokus untuk menjadi PNS dan lain sebagainya, tetapi juga bisa menciptakan lapangan kerja baru pada saat mereka selesai nanti.

Dalam festival wirausaha UHO 2023 ini dimeriahkan oleh 27 stand, yakni produk mahasiswa PMW, produk mahasiswa P2MW, stand fakultas UHO, stand Dharma Wanita UHO, stand BEM dan UKM UHO.

Zamrun menambahkan, setiap tahun mahasiswa UHO selalu ada perwakilan yang maju sampai ke grand final kontes kewirausahaan nasioanl.

"Dan ini selalu kita support, mudah-mudahan dengan kegiatan ini bisa menggali lagi kreatif-kreatif yang lain, sehingga semakin banyak lagi kreativitas mahasiswa yang bisa muncul, yang bisa kita perlombakan di tingkat nasional," harapnya.

Farhan salah satu anggota kewirausahaan menyampaikan, P2MW itu program pendanaan pembinaan mahasiswa wirausaha dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

"Jadi nanti ini kan seleksinya secara nasional, jadi alhamdulillah tim UHO itu bisa mewakili 4 kelompok dari pertanian, peternakan, dan ekonomi. Nanti di bulan 11 tampil nasionalnya itu di Bali," ucapnya.

Seorang peserta festival wirausaha, Muh Arya Pratama mengatakan, ada 4 produk yang akan dibawa ke Bali, pertama maggot pakan ternak, kedua kripik kelapa dan sagu, ketiga siomay dan keempat ada discus kopi.

Baca Juga: 7 Mahasiswa FEB UHO Kendari Terbang ke Jerman Ikut Magang Internasional

Muh Arya Pratama menyampaikan persiapannya sudah hampir 80% karena sisa untuk bawa barang-barangnya saja di keberangkatan.

"Nanti kita hanya persiapan produk untuk dibawa ke sana," ucapnya.

Muh Arya Pratama juga menambahkan untuk keberangkatan peserta, kemungkinan akan lebih awal untuk mempersiapkan kematangan lomba.

"Untuk keberangkatan 13 November, kalau kegiatannya itu 15 sampai 17, hanya berangkat duluan supaya persiapan," tambahnya. (A)

Penulis: Sahira

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga