Gaji Honorer Dinkes Muna Kini Sistem Non Tunai

Sunaryo, telisik indonesia
Minggu, 08 Desember 2019
0 dilihat
Gaji Honorer Dinkes Muna Kini Sistem Non Tunai
Bupati Muna, LM Rusman Emba menyerahkan buku tabungan pada salah seorang tenaga honorer. Foto: Naryo/Telisik

" Melalui transaksi non tunai, para honorer tidak akan ragu lagi, karena pembayarannya tepat waktu dan jumlah yang diterima tak akan terpotong. "

MUNA, TELISIK.ID - Gaji tenaga honerer pada Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Muna mulai menggunakan sistim non tunai. Gaji mereka langsung masuk ke rekening masing-masing. Pembayaran hak tenaga kesehatan itu secara non tunai, baru dilakukan tahun ini. Penyerahan buku tabungan pun dilakukan secara simbolis oleh Bupati Muna, LM Rusman Emba, Minggu (8/12/2019).

Baca Juga: Ini Kejanggalan Kasus Ijazah Palsu Plt. Bupati Busel Menurut Ombudsman

La Ode Rimba Sua, Kadinkes Muna menerangkan, penerapan pembayaran gaji honorer secara tidak langsung bertujuan untuk mempermudah, lebih cepat dan aman. Di instansinya, ada sekitar kurang lebih 1.600 tenaga honorer yang akan melakukan transaksi non tunai. Meliputi bidan, administrasi kesehatan, sopir dan perawat puskesmas.

"Melalui transaksi non tunai, para honorer tidak akan ragu lagi, karena pembayarannya tepat waktu dan jumlah yang diterima tak akan terpotong," kata Rimba.

Gaji honorer yang disiapkan tahun ini sebesar kurang lebih Rp 3,4 miliar. Gaji mereka bervariasi antara Rp 200.000 hingga Rp 500.000 perbulan.

Sementara itu, Bupati Muna, LM Rusman Emba menyambut baik akan dilaksanakan pembayaran non tunai. Hal tersebut katanya, untuk meningkatkan tata kelola manajemen pemerintahan yang lebih baik kedepannya.

"Sangat baik dalam upaya  meminimalisir kekurangan dan kesalahan pembayaran hak-hak honorer," katanya.

Baca Juga: Pencabutan Status Tersangka Plt. Bupati Buton Selatan

Melihat kecilnya gaji para honorer, mantan senator DPD-RI itu berjanji akan menaikkan honor mereka dua kali lipat.

"Insya Allah, kita akan naikkan (honor). Mereka inilah ujung tombak pelayanan kesehatan di masyarakat," tukasnya.

Reporter: Naryo
Editor: Rani

Baca Juga