Ganjar Didampingi Istri Periksa Kesehatan, Mahfud MD Batuk tapi Mengaku Sehat

Mustaqim, telisik indonesia
Minggu, 22 Oktober 2023
0 dilihat
Ganjar Didampingi Istri Periksa Kesehatan, Mahfud MD Batuk tapi Mengaku Sehat
Ganjar Pranowo dan Mahfud MD sesaat jelang pemeriksaan kesehatan di gedung MCU RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta Pusat, Minggu (22/10/2023). Foto: Mustaqim/Telisik

" Bakal pasangan calon presiden-wakil presiden Ganjar Pranowo-Mahfud MD yang menjalani pemeriksaan kesehatan di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto, Jakarta Pusat, Minggu (22/10/2023) "

JAKARTA, TELISIK.ID – Giliran bakal pasangan calon (bapaslon) presiden-wakil presiden Ganjar Pranowo-Mahfud MD yang menjalani pemeriksaan kesehatan di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto, Jakarta Pusat, pada hari ini, Minggu (22/10/2023).

Sehari sebelumnya adalah pasangan Anies-Baswedan Muhaimin Iskandar/Cak Imin (AMIN). Materi pemeriksaan kesehatan yang akan dijalani Ganjar-Mahfud sama dengan yang diberikan oleh tim dokter pemeriksa kepada Anies-Cak Imin. Masa pemeriksaan pun diperkirakan 8-10 jam dan dimulai pukul 07:30 WIB.

Kepala RSPAD Gatot Soebroto, Letjen TNI dr. Albertus Budi Sulistya, mengatakan, rangkaian pemeriksaan kesehatan tetap melibatkan 50 dokter dan dua psikolog.

“Pemeriksaannya kurang lebih sama, yaitu sekitar 8 sampai 10 jam dan diakhiri dengan sidang pleno pemeriksaan,” jelas Budi kepada para wartawan di depan ruang MCU.

Budi menjelaskan, tim pemeriksaan ini terdiri dari dokter RSPAD, tim dokter dari utusan masing-masing kolegium keahlian, Badan Narkotika Nasional (BNN), serta Himpunan Psikologi Indonesia.

“Perlu kami sampaikan, materi pemeriksaan, tim pemeriksaan, alat pemeriksaan, rundown pemeriksaan persis sama untuk semua paslon,” kata Budi.

Baca Juga: Pasangan Ganjar-Mahfud juga Memenuhi Syarat, Mega Dua Kali Salah Sebut Mahbub

Budi kembali memastikan bahwa tim dokter akan bekerja profesional, independen, dan dapat dipercaya.

Bapaslon Ganjar dan Mahfud tiba di RSPAD pada waktu yang hampir bersamaan. Mahfud tiba lebih dulu pukul 07.05 WIB menggunakan mobil sedan hitam bernomor polisi B 1030 ZZH. Berselang semenit kemudian, pukul 07:06 WIB, Ganjar yang didampingi istri, Siti Atiqoh, menyusul bersama mobil yang membawanya bernomor polisi B 1940 KYO.

Kedatangan Ganjar dan Mahfud disambut Wakil Ketua Tim Pemenangan Nasional (TPN), Andika Perkasa. Mahfud sebelumnya menuju ke dalam ruang MCU, sempat menyapa para wartawan. Dia mengaku tenggorokannya kurang sehat.

“Saya agak batuk karena sering pidato tiga hari terakhir ini,” ujarnya.

Namun demikian, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) ini menyatakan dirinya sehat. “Saya sudah 66 tahun tapi seperti saudara lihat, saya tidak pernah sakit, tidak pernah masuk rumah sakit dan selalu berpergian. InsyaAllah sehat,” tuturnya.

Mengenai pengakuannya tidak pernah sakit, Mahfud menceritakan karena dirinya rutin berolahraga, seperti melakukan jogging.

“Seminggu 3 kali jogging di komplek sini selama 45 menit. Lalu 15 menit atau 10 menit main ping-pong (tenis meja, red),” beber Mahfud.

Berbeda dengan Ganjar yang didampingi istri, Mahfud beralasan karena proses pemeriksaan kesehatan berlangsung lama.

“Keluarga kasihan kalau nunggu 10 jam berpindah-pindah, dari jam sekian-sekian, tempatnya agak jauh, kan dilatih untuk jalan katanya. Jadi saya nggak bawa istri saya, bawa staf-staf,” kilahnya.

Ganjar dan Mahfud sebelum menjalani pemeriksaan kesehatan juga diminta mengganti pakaian yang dikenakan, seperti halnya yang dilakukan oleh Anies-Cak Imin (AMIN). Mereka diharuskan menggunakan pakaian yang sudah disiapkan oleh tim dokter pemeriksa.

Baca Juga: Bapaslon Presiden-Wakil Presiden Anies-Muhaimin (AMIN) Periksa Kesehatan 10 Jam

Sekitar 15 menit mengganti pakaian, Ganjar dan Mahfud kemudian diberi kesempatan menemui dan menyapa para wartawan yang menunggu di depan teras gedung MCU. Tak ada tanya jawab dan hanya sesi foto serta pengambilan video bagi pasangan yang diusung PDIP dan partai politik koalisinya.  

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Hasyim Asy’ari, mengatakan, pemeriksaan kesehatan pada hari Minggu ini merupakan kesempatan bagi bapaslon presiden-wakil presiden yang mendaftar pada urutan kedua di KPU RI, yakni Ganjar Pranowo-Mahfud MD.

Hasyim pun memastikan bahwa perlakuan sama diberikan kepada bapaslon presiden-wakil presiden Ganjar-Mahfud, seperti yang telah dilakukan pada pasangan AMIN sehari sebelumnya.

“Seperti hari pertama, durasi kurang lebih sama, substansi sama, metode sama, tim dokter pemeriksaan juga sama,” katanya. (A)

Penulis: Mustaqim

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga