Bapaslon Presiden-Wakil Presiden Anies-Muhaimin (AMIN) Periksa Kesehatan 10 Jam

Mustaqim, telisik indonesia
Sabtu, 21 Oktober 2023
0 dilihat
Bapaslon Presiden-Wakil Presiden Anies-Muhaimin (AMIN) Periksa Kesehatan 10 Jam
Bapaslon presiden-wakil presiden, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar/Cak Imin (AMIN), menyapa para wartawan sesaat menjelang pemeriksaan kesehatan di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta Pusat, Sabtu (21/10/2023) pagi. Foto: Mustaqim/Telisik

" Bakal pasangan calon presiden-wakil presiden Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN) menjalani pemeriksaan kesehatan di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta Pusat, Sabtu (21/10/2023) pagi "

JAKARTA, TELISIK.ID – Bakal pasangan calon presiden-wakil presiden (bapaslon) Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar/Cak Imin (AMIN) menjalani pemeriksaan kesehatan di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto, Jakarta Pusat, Sabtu (21/10/2023) pagi mulai pukul 07:30 WIB. Pemeriksaan kesehatan ini direncanakan berjalan selama 8-10 jam.

Kedatangan Anies dan Cak Imin ke RSPAD Gatot Soebroto tidak bersamaan. Cak Imin datang lebih dulu sekitar pukul 06:50 WIB menggunakan mobil SUV bernopol B 1 PKB. Dia ditemani Wakil Ketua Umum PKB, Jazilul Fawaid. Berselang sepuluh menit kemudian, pukul 07:00 WIB, Anies juga tiba dengan mobil bernopol B 7777 AR.

Anies dan Cak Imin kelihatan kompak mengenakan kemeja putih lengan panjang dan celana bahan warna gelap. Keduanya mengaku sedang menjalani puasa sebagaimana yang disyaratkan oleh tim dokter sebelum menjalani pemeriksaan kesehatan.

“Saya puasa sejak pukul 08:00 WIB (Jumat malam, 20/20/2023) dan siap mengikuti tes kesehatan ini,” ujar Anies kepada para wartawan.

Cak Imin pun mengakui sudah siap menjalani pemeriksaan kesehatan dan masih berpuasa.

“Dari tadi malam puasa. Alhamdulillah saya ngisi formulir semua, kesiapan semuanya secara khusus tidak ada yang dikhawatirkan. Kan ada pengisian soal obat-obatan, keluhan, semuanya its okay, mudah-mudahan berjalan lancar,” tutur Cak Imin.

Baca Juga: Ribuan Pendukung Pasangan AMIN Padati Jalan Sekitar Kantor KPU RI

Sebelum Anies dan Cak Imin, para Komisioner KPU RI lebih dulu tiba di RSPAD sekitar pukul 06:25 WIB. Mereka adalah Ketua KPU RI, Hasyim Asy’ari, beserta anggota lainnya yakni Idham Kholik, Mochammad Afifuddin, Parsadaan Harahap, August Mellaz, Yulianto Sudrajat, dan Betty Epsilon Idroos. Tampak juga Ketua Bawaslu RI, Rahmat Bagja.

Bapaslon presiden-wakil presiden AMIN yang diusung gabungan partai politik yang tergabung dalam Koalisi Perubahan ini menjalani pemeriksaan kesehatan mulai pukul 07:30 WIB dan diperkirakan selesai pukul 17:30 WIB.

Beberapa menit setelah Anies dan Cak Imin tiba, keduanya segera diarahkan mengganti pakaian yang dikenakan dengan menggunakan pakaian khusus yang telah disiapkan pihak rumah sakit. Sekitar dua puluh menit berganti pakaian, Anies dan Cak Imin keluar menyapa para wartawan dengan mengenakan pakaian model kimono berwarna hijau tosca.

Tak ada sesi tanya jawab dan keduanya hanya menyampaikan sudah siap menjalani pemeriksaan kesehatan. Setelah itu pasangan AMIN masuk kembali untuk diperiksa kesehatannya tahap demi tahap.

“Pemeriksaan akan dilaksanakan selama 8 hingga 10 jam dan sangat tergantung pengisian MMRI-nya dan sebagainya,” kata Kepala RSPAD Gatot Soebroto, Letjen TNI Albertus Budi Sulistya, kepada para wartawan, beberapa menit sebelum pemeriksaan dimulai, di depan Medical Check Up, RSPAD Gatot Soebroto.

Dalam pemeriksan ini, kata Budi, pihaknya bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) untuk memenuhi kolegium atau Konsil Kedokteran yang dibutuhkan RSPAD hari ini. Sebanyak 50 dokter yang berpengalaman dilibatkan dalam tim pemeriksaan.

Baca Juga: Dokumen Anies-Muhaimin (AMIN) Memenuhi Syarat, Surya Paloh Ingatkan KPU Jaga Integritas dan Adil

“Kami selain dari RSPAD juga dari kolegium terkait. Kami sudah bersurat kepada Menkes dan telah memperoleh jawaban dari semua kolegium yang diperlukan untuk menjadi tim pemeriksa pada hari ini. Kurang lebih sekitar 50 orang dokter, baik yang langsung terlibat maupun di dalam kepanitiaan,” beber Budi.

Budi memastikan bahwa pemeriksaan kesehatan ini dilakukan sesuai dengan undang-undang (UU) untuk memastikan para calon pemimpin sehat secara jasmani, rohani, dan bebas dari narkoba.

“Prinsip dari pemeriksaan yakni melaksanakan profesionalisme, independensi, dan pemeriksaan yang dapat dipercaya. Ini menjadi hal yang sangat basic (dasar, red) dan sangat prinsip dan rutin kami laksanakan di RSPAD Gatot Soebroto,” jelasnya. (A)

Reporter: Mustaqim

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga